News
Sabtu, 4 Juli 2015 - 05:45 WIB

KECELAKAAN KAPAL : KorbanTewas Feri Tenggelam di Filipina Jadi 41 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Evakuasi korban kapal feri Filipina (Reuters)

Kecelakaan kapal yang terjadi di Filipina menewaskan sedikitnya 41 orang.

Solopos.com, MANILA – Korban tewas akibat terbaliknya feri MBCA Kim-Nirvana bertambah menjadi sedikitnya 41 orang setelah ditemukannya tiga mayat, Jumat (3/7/2015).

Advertisement

Sementara sebanyak 134 orang dari dari 187 orang yang berada di kapal berhasil diselamatkan. Cuaca buruk menghambat upaya pencarian dan penyelamatan korban.

Gelombang tinggi dan kuat membuat tim penyelam terpaka menunda upaya pencarian 12 korban di dasar laut.  “Meski demikin perahu karet terus melakukan penyisiran,” kata Kepala Kepolisian Filipina, Asher Dolina , seperti dikabarkan Reuters.

MBCA Kim-Nirvana terguling dan kemudian terbalik beberapa menit setelah meninggalkan pelabuhan di Kota Ormoc, Provinsi Leyte Utara, Kamis (2/7/2015). Operasi pencarian dan penyelamatan terus digulirkan sepanjang malam. Kapal Angkatan Laut Filipinan dua pesawat dikerahkan dalam upaya itu.

Advertisement

“Penyelidikan atas tenggelamnya kapal dimulai Jumat. Feri membawa semen dan beras tetapi sepertinya tidak kelebihan beban,” tutur Juru Bicara Penjaga Pantai, Armand Balilo.

Berdasar keterangan dari sejumlah korban selamat feri berbelok tajam ke kanan dan dihantam sebuah gelombang besar sebelum terbalik. “Penumpang panik memadati sisi kanan feri, menyebabkan kapal perlahan-lahan miring dan akhirnya terbalik,” tutur Balilo.

Seorang korban selamat, Rhe-An Garciano, mengungkapkan para penumpang telah diberi rompi pelampung. “Namun kami tidak dapat mengenakannya sebelum  feri tenggelam,” ucapnya.

Advertisement

Pada satu sisi, jumlah orang yang berada di feri semula disebut 189 namun direvisi menjadi 187 pada Jumat setelah ditemukan dua anggota awak tidak ikut dalam perjalanan itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif