Entertainment
Sabtu, 4 Juli 2015 - 21:45 WIB

ABAD KEJAYAAN ANTV : Catatan Sejarah Kematian Tragis Selir Favorit Selim

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Selimiye Sultan di serial Muhtesem Yuzyil atau Abad Kejayaan (Twitter.com)

Abad Kejayaan Antv yang tayang di Indonesia saat ini, memasuki cerita saat Selim II mulai dipercaya Baginda Suleiman memimpin Manisa.

Solopos.com, SOLO — Sebagaimana Baginda Suleiman, penguasa Ottoman, putranya Selim II juga tercatat memiliki dua istri. Salah satu istri Selim tersebut mengalami peristiwa tragis di akhir hidupnya.

Advertisement

Sebagaimana dalam catatan sejarah Ottoman, dua istri Selim II, yaitu Nurbanu Sultan dan Selimiye Sultan. [Baca: Kisah Tragis Mahidevran]

Selimiye sebagai istri kedua Selim II juga dikenal dengan nama lengkap Selimiye Haseki Sultan. Sebagaimana Nurbanu, Selimiye juga seorang mualaf. Kepercayaan awalnya adalah Katolik lalu pindah Islam setelah ia ditangkap dan berada di Ottoman.

Berasal dari Venice, Italia, Selimiye diperkirakan sejarawan lahir pada 1525. Ia bisa memasuki harem dan akhirnya menjadi istri kedua Selim II karena kepandaiannya. Beberapa sumber sejarah Ottoman meyakini Selimiye adalah selir favorit Selim II.

Advertisement

Pernikahan Selim II dan Selimiye menghasilkan dua anak, yaitu Sehzade Abdullah yang lahir di Manisa, 1543, dan seorang putri Gevherhan Sultan, yang lahir pada 1544.

Tidak banyak sejarah yang mengulas tentang sosok selir Selim II ini. Namun ada sumber sejarah Ottoman yang menjelaskan kematian Selimiye cukup tragis. Ia meninggal di tempat pengasingan di Istana Trabzon pada 1605. Tidak dijelaskan latar belakang pengasingan Selimiye ini.

Namun, sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Sabtu (4/7/2015), Selimiye bersama Mihrima dan Safiye diduga kuat turut bertanggung jawab atas kematian Nurbanu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif