News
Jumat, 3 Juli 2015 - 02:40 WIB

PERGURUAN TINGGI SOLO : Mahasiswa UTP Kini Bisa Kuliah di UNS

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rektor UNS, Ravik Karsidi (tengah) dan Rektor UTP, Ongko Cahyono (kanan) menandatangani MoU kerjasama pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi antara UNS dan UTP di ruang seminar UTP, Selasa (30/6/2015). (Eni Widiastuti/JIBI/Solopos)

Perguruan tinggi Solo, UTP dan UNS menjalin kerja sama.

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo nantinya bisa kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Hal itu berlaku setelah ditandatanganinya memorandum of understanding (MoU) antara UNS dan UTP tentang kerja sama pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di ruang seminar UTP, Selasa (30/6/2015).

Advertisement

Dalam sambutannya Rektor UTP, Ongko Cahyono menerangkan keberadaan UNS dan UTP memiliki hubungan yang dekat. Pendirian UTP tak lepas dari jasa orang-orang UNS. Oleh karena itu, menurutnya wajar jika saat ini UNS dan UTP menjalin kerjasama yang lebih intens.

Rektor UNS, Ravik Karsidi menerangkan setelah penandatanganan MoU antara dirinya dengan rektor UTP, nantinya akan diikuti perjanjian kerjasama teknis antar fakultas yang ada di UNS dan UTP. Bisa saja, kata Ravik, nantinya mahasiswa UTP kuliah di UNS melalui program kredit transfer.

Misalnya selama satu atau dua semester. Nantinya satuan kredit semester (SKS) yang diambil mahasiswa UTP ketika kuliah di UNS, juga diakui di UTP. “Jadi nanti mahasiswa UTP bisa merasakan bagaimana kuliah di UNS,” ujarnya yang disambut tepuk tangan meriah ratusan orang.

Advertisement

Wujud kerjasama lainnya, kata Ravik, yaitu penyelenggaraan kuliah kerja nyata (KKN) secara bersama-sama antara UNS dan UTP. Menurutnya sinergisitas antara PTN dan PTS akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Ongko menambahkan setelah penandatanganan MoU, nantinya akan diikuti penandatanganan kesepakatan kerjasama lainnya. Misalnya penandatanganan kerjasama antara dekan UNS dan dekan UTP yang memiliki program studi sama. Rencananya mulai semester depan, akan ada sistem pertukaran mahasiswa antara UNS dan UTP.

Kuliah Bersama

Advertisement

Mahasiswa UTP yang bisa kuliah di UNS akan kuliah bersama-sama mahasiswa UNS dan diampu oleh dosen UNS. Hal itu akan menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa UTP. “Program ini rencananya akan ditujukan untuk mahasiswa semester III ke atas,” ujarnya.

Selain itu, ungkapnya, bentuk kerjasama lainnya yaitu pemanfaatan fasilitas yang ada di UNS untuk perkuliahan mahasiswa UTP. Saat ini, terangnya, banyak alat yang dimiliki Fakultas Teknik UNS tapi tidak dimiliki UTP. Sementara alat itu di UNS kurang optimal pemanfaatannya. Oleh karena itu, nantinya diharapkan mahasiswa UTP bisa memanfaatkan alat tersebut.

Kerjasama lainnya yang direncanakan, kata Ongko, yaitu kerjasama penelitian antara peneliti dari lembaga penelitian UNS dan UTP. Nantinya UTP juga akan mendorong dosen UTP untuk melanjutkan pendidikan di UNS dengan memanfaatkan program beasiswa yang ditawarkan UNS.

“Daripada jauh-jauh, kenapa tidak kuliah di UNS yang juga berkualitas. Nantinya juga bisa ada kerjasama penelitian untuk disertasinya,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif