News
Jumat, 3 Juli 2015 - 12:15 WIB

KEPALA BIN BARU : DPR Restui Sutiyoso Jadi Kepala BIN

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sutiyoso (Ist)

Kepala BIN baru pilihan Jokowi akhirnya direstui oleh DPR.

Solopos.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan dukungan kepada Letjen TNI (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), setelah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR pada Selasa (30/6/2015).

Advertisement

“Perkenankan apakah laporan Komisi I DPR RI mengenai hasil calon Kepala Badan Intelijen Negara disetujui?” kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Rapat Paripurna DPR, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Seluruh anggota DPR menjawab setuju atas pertanyaan Fahri tersebut, lalu Fahri mengetuk palu tanda persetujuan DPR kepada Sutiyoso sebagai Kepala BIN.

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq dalam laporannya mengatakan Komisi I DPR sudah menyelenggarakan uji kelayakan terhadap Sutiyoso pada Selasa lalu.

Advertisement

Dia mengatakan setelah uji kelayakan tersebut, Komisi I DPR melakukan rapat intern untuk memberikan pandangan tiap-tiap fraksi. “Lalu hasilnya sepuluh fraksi setuju mendukung Letjen [Purn.] Sutiyoso sebagai Kabin,” ucap dia dilansir Antara.

Mahfudz mengatakan pada dasarnya rapat di DPR dilakukan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Karena itu menurut dia, Komisi I DPR memutuskan calon Kabin Sutiyoso layak dan diterima sebagai Kabin.

Selain itu dia mengatakan pertimbangan fraksi dengan beberapa konsideran, pertama seleksi administrasi disimpulkan baik. Kedua, paparan visi misi yang berlangsung tertutup dan terbuka mempertimbangkan pengalaman dan pengetahuan calon.

Advertisement

“Selain itu mempertimbangkan karier panjang di TNI dan sipil serta sebagai tokoh partai politik sebelum mengundurkan diri,” ujarnya dilansir Detik.

Konsideran ketiga menurut dia mempertimbangkan visi misi program dan pendalaman serta elaborasi isu fundamental yang menjadi tupoksi BIN baik politik, global, regional dan ekonomi dunia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif