Jateng
Kamis, 2 Juli 2015 - 06:50 WIB

TOL SOLO-SEMARANG : Ruas Bawen-Salatiga Segera Dibangun

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol (Dok/JIBI/Solopos)

Tol Solo-Semarang masih belum rampung. Jalan tol ruas Bawen-Salatiga segera dibangun.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman mengatakan bahwa konstruksi jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,30 kilometer akan segera dibangun menyusul kegiatan lelang yang diikuti puluhan kontraktor.

Advertisement

“Kami segera melakukan kontruksi untuk jalan tol ruas Bawen-Salatiga,” katanya di Semarang, Rabu (1/7/2015), sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Hal tersebut disampaikan Adityawarman usai melaporkan perkembangan pembangunan jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di ruang kerja.

Ia menjelaskan setelah pembangunan konstruksi jalan tol ruas Bawen-Salatiga selesai dilakukan akan dilanjutkan dengan proses pembebasan lahan untuk ruas Salatiga-Boyolali.

Advertisement

Pembebasan Lahan

“Kalau pembebasan lahan yang terkena proyek jalan tol ruas Salatiga-Boyolali itu bisa tercapai 75 persen pada akhir tahun ini, maka kami bisa langsung membangun konstruksi bangunan sehingga diharapkan jalan tol bisa tersambung sampai Solo pada 2017,” ujarnya.

PT Jasa Marga mengharapkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah kabupaten/kota setempat membantu proses pembebasan lahan yang terkena proyek jalan tol Semarang-Solo untuk ruas berikutnya.

Advertisement

Sebelumnya, Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng Ari Nugroho menjelaskan pembangunan jalan tol Bawen-Salatiga dibagi menjadi tiga paket pengerjaan dengan anggaran tiap paket sekitar Rp400 miliar-Rp500 miliar.

Menurut dia, anggaran sebesar itu sudah menyesuaikan dengan harga material dan upah pekerja saat ini. Setelah pembangunan fisik seksi III selesai, kata Ari, akan dilanjutkan pembangunan seksi IV untuk ruas Salatiga-Boyolali sepanjang 24,13 km dan seksi V untuk ruas Boyolali-Kartasura.

Advertisement
Kata Kunci : Tol Solo Semarang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif