News
Kamis, 2 Juli 2015 - 13:20 WIB

PPDB 2015 : Sekolah Dilarang Pungut Biaya Pendaftaran

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN 1 Sragen online memasukkan data pendaftar, Rabu (1/7/2015). (JIBI/Solopos/Moh.Khodiq Duhri)

PPDB 2015 mengenai larangan pungutan kembali ditegaskan Disdikpora DIY.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul melarang keras sekolah menarik biaya pendaftaran dalam penerimaan siswa baru. Sebab, biaya itu sudah dicover dalam Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Advertisement

Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Bahron mengatakan, pihaksnya siap menindak tegas sekolah yang kedapatan menarik biaya pendaftaran bagi calon siswa baru. Kebijakan ini diterapkan karena biaya operasionalnya sudah ditanggung dalam BOS.

“Namanya mengambil kan harus gratis. Kalau pakai biaya bukan mengambiln tapi membayar formulir pendaftaran,” kata Bahron kepada Harianjogja.com, saat ditemui di area Pemkab Gunungkidul, Rabu (1/7/2015).

Dia menjelaska, dalam waktu dekat akan melakukan pemantaun terhadap pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru yang mulai dilakansakan sejak kemarin, hingga Jumat (3/6/2015). Pemantauan ini salah satunya bertujuan untuk mengetahui apakah pihak sekolah menraik pungutan atau tidak dalam proses tersebut.

Advertisement

“Akan kami lakukan, tapi tidak untuk hari ini [kemarin],” kata mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah itu.

Untuk tahun ini jumlah kuota untuk kelas pendidikan menengah di Gunungkidul mencapai 11.800 kursi. Jumlah ini merupakan akumulasi dari SMA dan SMK yang ada. “Ini semua, baik itu sekolah negeri maupun swasta,” katanya lagi.

Dia menambahkan, jika dilihat dari kursi, maka jumlah kuotanya lebih besar ketimbang lulusan siswa SMP yang ada. Jadi, andaikan seluruh lulusan mau sekolah, maka kursi yang tersedia masih mencukupi.

Advertisement

“Kondisi ini membuat kami tidak menyediakan jatah bagi siswa kurang mampu,” ujar Bahron.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif