News
Kamis, 2 Juli 2015 - 13:15 WIB

KONTRAK KARYA FREEPORT : Dongkrak TKDN, Freeport Sanggup Beli Produk BUMN

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

Kontrak karya Freeport kerap menjadi sorotan. PT Freeport bersedia membeli produk BUMN.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, PT Freeport Indonesia bersedia menambah tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dengan menggunakan alat berat dan peledak yang diproduksi Badan Usaha Milik Negera (BUMN).

Advertisement

Ia mengatakan Chairman of Board Freeport McMoran Jim Bob Moffett secara spesifik mengatakan akan membeli alat-alat berat yang diproduksi PT Pindad (Persero).

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan TKDN dari operasionalnya di Papua.

“Mereka juga akan membeli sebagian bahan peledak yang dibutuhkan dari Pindad dan PT Dahana [Persero],” kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Advertisement

Sudirman menuturkan komitmen tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta perusahaan meningkatkan TKDN.

Bahkan, komitmen tersebut lebih menguntungkan pemerintah, karena Freeport mengalokasikan sebagian belanja modalnya untuk membeli produk BUMN.

Menurutnya, Presiden Jokowi juga meminta keberadaan Freeport harus mampu mempercepat proses pembangunan ekonomi Papua dan Indonesia.

Advertisement

“Arahan ketiga adalah supaya Freeport meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan infrastruktur di wilayah operasinya,” ujarnya.

Khusus untuk arahan yang ketiga, Presiden Jokowi meminta Freeport segera memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Urumuka di Kabupaten Mimika.

Pembangkit dengan total kapasitas mencapai 1.000 megawatt tersebut diharapkan dapat menjadi pemasok listrik utama di wilayah tersebut, sehingga dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di Papua.

“400 Megawatt dari pembangkit itu akan digunakan untuk tambang bawah tanah Freeport, dan sisanya dapat digunakan masyarakat setempat. Jadi ini sangat penting,” ucap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif