News
Kamis, 2 Juli 2015 - 19:50 WIB

KINERJA MENTERI : Nilai Rapor Menteri Yuddy Kalahkan Menteri Susi di Survei LKP

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Kinerja menteri di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi menurut survei Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi dinilai paling bagus.

Solopos.com, JAKARTA-Lembaga Klimatologi Politik (LKP) merilis rapor 10 menteri yang paling konsisten mengimplementasikan gagasan Presiden Joko Widodo dalam kabinetnya. Beda dengan beberapa survei lain, Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi menjadi menteri dengan nilai rapor paling bagus.

Advertisement

“Yuddy Chrisnandi memperoleh nilai paling tinggi, yakni 65,3. Di bawahnya ada Mendagri Tjahjo Kumolo dengan Skor 64,1,” ujar CEO LKP Usman Rachman dalam rilis hasil survei di Jakarta Pusat, seperti dilansir detikcom, Kamis (2/7/2015).

Dari analisis media dan pengamatan yang dilakukan tim LKP, Yuddy, Tjahjo dan Susi terlihat paling konsisten menjabarkan Nawa Cita dan Trisakti melalui statemen di media hingga sosialisasi program.

“Yuddy misalnya, selama 8 bulan menjabat, aktif mengimplementasikan gerakan revolusi mental di kalangan aparatur Negara di seluruh Indonesia. Sementara Tjahjo, meski dengan gaya yang kalem, dia konsisten melaksanakan ide-ide Jokowi,” beber Usman.

Advertisement

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti adalah menteri ketiga yang mendapatkan Skor yang cukup bagus dengan 62,9. Di bawahnya ada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dengan Skor 60,7.

“Susi gencar mendorong produktivitas nelayan, melalui program Kementerian Kelautan dan Perikanan. Terlihat sekali beliau mencoba memberikan perlindungan dan rasa aman atas wilayah perairan Indonesia,” kata Usman.

Berikut daftar 10 menteri kabinet kerja yang dianggap paling konsisten pengimplementasikan program Nawa Cita Presiden Jokowi:

Advertisement

1. Yuddy Chrisnandi 65,3
2. Tjahjo Kumolo 64,1
3. Susi Pudjiastuti 62,9
4. Anies Baswedan 60,7
5. Khofifah IP 59,5
6. Lukman Hakim Syafiuddin 59,3
7. Marwan Ja’far 57,3
8. M Saleh Husin 56,6
9. Retno LP Marsudi 55,9
10. Amran Sulaiman 55,1

Kajian akademik LKP dilakukan sejak 1 April 2015 dengan menggunakan metode media analysis dan pengamatan secara mendalam (in depth observation). Sedangkan data-data yang digunakan sebagai bahan analisis seperti surat kabar, majalah, online, televisi, adalah sejak 1 November 2014.

Khusus untuk media massa, dibatasi pada 10 surat kabar nasional terkemuka dan 10 media online terpercaya. Dengan alasan etika, nama-nama media tersebut tidak disebutkan.

Skor yang diberikan merupakan kombinasi penilaian kuantitatif dan kualitatif, berdasarkan indikator intensitas pemberitaan media, curiosity dan keterkaitan (linked) antara program kementerian dengan 9 agenda program prioritas dalam Nawa Cita.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif