News
Kamis, 2 Juli 2015 - 14:30 WIB

KEPALA BIN BARU : Gebrakan Sutiyoso: BIN Rekrut 1.000 Pegawai Baru

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sutiyoso (JIBI/Solopos/Antara)

Kepala BIN baru sebentar lagi berganti. Sutiyoso, calon Kepala BIN baru, akan merekrut 1.000 pegawai baru.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Intelijen Negara (BIN) berencana merekrut 1.000 personel pada tahun ini untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 269 kabupaten/kota pada 2015.

Advertisement

Calon Kepala BIN yang telah direstui DPR, Sutiyoso, mengatakan lingkup kerja BIN sangat luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Namun, jumlah personel yang mencapai 1.975 orang dinilai belum memadai.

“Kebutuhan kita kira-kira 5.000 lebih, saat ini ada 1.975 personil, jadi kita akan rekrut 1.000 orang dengan kualifikasi dari berbagai disiplin ilmu,” ujarnya seusai menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana, Kamis (2/7/2015).

Sutiyoso menuturkan dengan personel yang minim, satu orang anggota BIN harus meng-counter tiga kabupaten. Adapun rekrutmen 1.000 orang pegawai baru BIN akan dilakukan pada tahun ini. Pasalnya, akan ada Pilkada serentak yang digelar di 269 kabupaten/kota pada akhir thaun.

Advertisement

“Satu tahun ini kita harus merekrut 1.000 orang, terutama menghadapi Pemilu serentak ini. Kondisi itu harus bisa kita pantau sedini mungkin,” ungkap mantan Ketua Umum PKPI ini.

Sementara itu, skema penjaringan pegawai baru akan di lakukan secara umum untuk nantinya disekolahkan sesuai kompetensi yang dibutuhkan BIN. Penambahan personel, imbuhnya, akan berimplikasi terhadap anggaran BIN. Untuk itu, rekrutmen akan dilakukan bertahap sesuai kemampuan keuangan negara.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui secara aklamasi pencalonan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara oleh Presiden Joko Widodo. Keputusan ini diambil setelah Sutiyoso menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR, Selasa (30/6/2015).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif