Sport
Kamis, 2 Juli 2015 - 08:25 WIB

COPA AMERICA 2015 : Messi Simpan Gol untuk Partai Final atau Memang Kutukan

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lionel Messi tak menghasilkan gol pada laga semifinal melawan Paraguay. JIBI/Reuters

Copa America 2015 menuju babak final Argentina vs Chile tak banyak menghasilkan gol bagi Messi. Ini kutukan atau sengaja simpan gol?

Solopos.com, CONCEPCION— Argentina melenggang mulus ke final  Copa America 2015 seusai menggebuk Paraguay 6-1 di babak semifinal, Rabu (1/7/2015) pagi WIB. Namun, tak satu pun dari setengah lusin gol tim berjuluk Albiceleste itu yang lahir atas nama Lionel Messi.

Advertisement

Ya, entah apa yang terjadi dengan kapten Timnas Argentina itu, namun tampaknya ia mendapat semacam “kutukan” seusai mencetak gol di laga pembuka Grup B melawan tim yang sama, Paraguay, Minggu (14/6/2015) lalu.

Saat itu, bintang berjuluk La Pulga itu mengukir gol dari titik putih pada menit ke-36 dan membawa timnya unggul 2-0 di babak pertama. Tetapi, Paraguay mampu bangkit dan memaksakan skor imbang 2-2 di akhir laga.

Sesudah laga itu, Argentina telah melalui empat laga lain sejauh ini. Namun, Messi tak pernah lagi menjebol gawang lawan. Catatan itu seolah melengkapi “kinerja buruk” dirinya di ajang Copa America.

Advertisement

Dari keterlibatan di tiga penyelenggaraan dan 15 laga di mana La Pulga bermain di turnamen kontinen itu pada 2007, 2001, dan 2011, ia hanya mampu mencetak tiga gol sejauh ini.

Tetapi, bukan berarti Messi minim kontribusi, terutama di ajang Copa America 2015, dan lebih spesifik lagi di pertandingan semifinal melawan Paraguay. Meski gagal mencetak gol, bintang Barcelona itu mengukir tiga assist dan terlibat dalam lima dari enam gol Argentina ke gawang Justo Villar.

Tidak aneh bila pelatih Argentina, Gerardo Martino, tak segan menyanjung Messi. Pelatih yang juga pernah menukangi Barcelona itu pun tak ragu mengatakan tidak masalah Messi tidak mencetak gol sepanjang ia berkontribusi untuk kemenangan Albiceleste.

Advertisement

“Jika Messi membuat operan yang berujung gol maka tidak ada masalah. Apa yang lebih penting adalah ia merespons kepada apa yang diminta dalam pertandingan. Bagiku tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” ujar Martino dilansir Soccerway, Rabu.

“Dia merasa bahagia dan tidak ada masalah. Messi tidak perlu selalu menjadi pencetak gol tim untuk mendapatkan kebahagiaan,” lanjutnya.

Argentina bakal menantang Chile di final Copa America 2015, Minggu (5/7/2015) dini hari WIB. Menarik untuk ditunggu apakah Messi memang “dikutuk” untuk tidak lagi mencetak gol seusai laga pembuka Grup B melawan Paraguay, atau justru ia sengaja menyimpan gol-golnya untuk dikeluarkan di partai puncak. (Triyono/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif