Teknologi
Kamis, 2 Juli 2015 - 22:10 WIB

APLIKASI GOOGLE : Samakan Wajah Manusia dengan Gorila, Google Dituding Rasis

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Google Photos yang dituding rasis (Istimewa)

Aplikasi Google Photos menuai protes lantaran dianggap rasis.

Solopos.com, NEW YORK – Satu lagi aplikasi Google tersangkut masalah. Fitur terbaru Google Photos baru-baru ini menuai protes keras dari penggunanya lantaran dianggap rasis.

Advertisement

Pengguna Jacky Alcine menjadi orang pertama yang mempersoalkan aplikasi ini. Jacky mengunggah penampakan aplikasi Google Photos dengan penjelasan tentang foto yang membuatnya geram.

Dalam foto tersebut ditunjukkan bagaimana Google Photos menempatkan dua orang berkulit hitam yag disebut sebagai gorila di aplikasi itu.

Seperti diketahui, aplikasi foto canggih yang dirilis bulan Mei itu memang bisa langsung mengidentifikasi jenis foto dan mengelompokkannya dengan nama yang sesuai. “Google Photos, kalian bermasalah. Temanku bukan gorila,” tulis pengguna bernama Jacky Alcine itu di Twitter, seperti dilansir Guardian, Kamis (2/7/2015).

Advertisement

Google langsung menanggapinya. “Ini 100% tidak bagus. Terima kasih telah memberitahu kami dengan cepat,” balas Yonatan Zunger, Chief Architect of Social Google.

“Kami sungguh minta maaf hal ini bisa terjadi. Memang masih banyak hal harus dikerjakan di label foto otomatis ini dan kami mencari cara agar kesalahan ini tak terulang,” demikian pernyataan Google.

Alcine yang seorang programmer komputer meyakini kesalahan itu karena ada eror di algoritma Google. “Hal seperti ini bisa dihindari dengan klasifikasi orang berkulit hitam yang lebih lengkap dan akurat,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif