Sport
Rabu, 1 Juli 2015 - 10:35 WIB

WOMENS WORLD CUP 2015 : Inggris Tantang Jepang di Semifinal

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kiper Inggris Chamberlain (13) menangkap bola dari serangan Kanada. JIBI/Rtr/Matt Kryger-USA TODAY

Womens World Cup 2015 menuju semifinal yang akan menghadapkan Inggris vs Jepang.

Solopos.com, VANCOUVER — Inggris mengakhiri penantian selama 25 tahun untuk memijakkan kaki di semifinal Piala Dunia Wanita 2015.

Advertisement

Tim besutan Mark Sampson itu mendepak Kanada dengan skor 2-1 dalam laga perempat final di BC Place Stadium, Vancouver, Kanada, Minggu (28/6/2015) pagi WIB.

Inggris unggul sejak awal babak pertama lewat dua gol yang dicetak striker Jodie Taylor dan bek Lucy Bronze. Sementara itu, tim tuan rumah hanya mampu mencuri satu gol balasan yang diciptakan oleh penyerang Christine Sinclair pada menit ke-42.

“Betapa laga ini menunjukkan ketahanan dan karakter. Kami tidak memainkan banyak trik sepak bola. Kredit untuk Kanada, mereka luar biasa. Namun, tim kami tidak menyerah. Kami lolos. Saya tidak bisa lebih bangga ketimbang para pemain,” ujar pelatih Inggris, Mark Sampson, seperti dilansir Daily Mail, Minggu.

Advertisement

Tuan rumah berhasil mencuri sebiji gol balasan melalui aksi kapten Christine Sinclair yang memanfaatkan kesalahan kiper Inggris, Karen Bardsley, pada menit ke-42. Tak ingin kebobolan lebih banyak gol, Sampson memutuskan mengganti posisi Bardsley dengan Siobhan Chamnberlain, enam menit setelah jeda turun minum. Keputusan Sampson itu terbukti sukses membawa Inggris kembali ke babak empat besar sejak Piala Dunia Wanita di Italia 1990 silam.

Inggris selalu tumbang di babak perempat final pada dua seri Piala Dunia sebelumnya. Mereka disingkirkan Prancis lewat babak adu penalti di perempat final empat tahun lalu. Pada Piala Dunia 2007, skuat The Three Lions, julukan Inggris, wanita juga dikandaskan Amerika Serikat di babak delapan besar dengan skor 3-0.

Dalam laga semifinal di Commonwealth Stadium, Edmonton, Kanada, Kamis (2/7/2015) pagi WIB, Inggris bakal berhadapan dengan Jepang yang menyingkirkan Australia dengan skor 1-0. Pertandingan perempat final di Commonwealth Stadium, Minggu pagi, menjadi ulangan final Piala Asia Wanita 2014 yang juga dimenangi Jepang dengan skor tipis 1-0.

Advertisement

Berangkat dengan status juara bertahan, Jepang sebenarnya masih terlalu tangguh dari Australia. Namun, skuat Norio Sasaki itu membutuhkan waktu 87 menit untuk menciptakan gol kemenangan lewat tendangan striker Mana Iwabuchi dari jarak dua 1,8 meter.

“Para pemain kami telah melawan banyak tim dan pemain yang berlaga di Piala Dunia untuk kali pertama. Itu memberi tekanan besar kepada pemain kami karena kami harus mengalahkan mereka. Itu fakta, ditambah juga kami adalah juara bertahan. Kami datang ke sini dan meski hanya mencetak satu gol pembeda, itu telah menunjukkan kemampuan kami untuk menang,” urai pelatih Jepang, Norio Sasaki, seperti dilansir ESPN, Minggu.

Partai semifinal lainnya akan mempertemukan Jerman dengan Amerika Serikat (AS) di Stade Olympique, Montreal, Kanada, Rabu (1/7/2015) pagi WIB. Jerman melaju setelah memenangi drama adu penalti kontra Prancis, sedangkan AS menyingkirkan Tiongkok  dengan skor 1-0 di perempat final. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif