Otomotif
Rabu, 1 Juli 2015 - 07:10 WIB

MOBIL SUZUKI : Inikah Proton Aria? Suzuki Celerio Bikinan Malaysia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Desain interior Proton Aria. (Paultan.org)

Mobil Suzuki Celerio akan diadopsi oleh Proton Malaysia.

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Mobil Suzuki yang baru saja diluncurkan di Indonesia, Celerio, akan diadopsi oleh Proton Malaysia. Pengamat otomotif asal Negeri Jiran memprediksi mobil dengan nama Proton Aria itu memiliki desain lebih sporty.

Advertisement

Sebelumnya, mobil Suzuki yang dirumorkan akan diadopsi Proton Malaysia adalah Wagon R. Akan tetapi hal itu dibantah oleh pengamat otomotif asal Malaysia, Theopilus Chin. Berdasarkan investigasinya, Proton Aria akan mengadopsi desain Suzuki Celerio. Chin bahkan telah menuangkan desainnya lewat sebuah sketsa digital.

Berdasarkan sketsa ciptaan Chin yang dilansir laman otomotif Malaysia, Paultan, Selasa (30/6/2015), tampak Proton Aria memiliki sejumlah perbedaan dengan Suzuki Celerio. Perbedaan paling jelas tentu lambang harimau milik Proton yang menggantikan lambang S milik Suzuki di griile depan dan pintu belakang.

Ketimbang Celerio, Aria tampil lebih sporty dengan aura khas mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang terpancar dari desain bumper depan, pelek, skid plate, dan fender hitam yang menghiasi sisi samping hingga belakang.

Advertisement

Desain interior Proton Aria. (Paultan.org)

Bukan sekadar prediksi eksterior, Chin bahkan mengungkap desain kabin Proton Aria yang bahkan belum lahir itu. Tampak desainnya serupa dengan Suzuki Celerio, kecuali cluster panel, model setir dan warna interior yang dibuat bernuansa hitam dengan aksen perak.

Sayangnya, spesifikasi mesin memang belum jelas. Akan tetapi dikutip Solopos.com dari laman Okezone, perjanjian kerja sama antara produsen penggarap mobil nasional Esemka dengan Suzuki itu menyebutkan bahwa Celerio akan dikembangkan Proton menjadi mobil dengan mesin berkapasitas 660 cc, 850 cc, dan 1.000 cc.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif