Sport
Rabu, 1 Juli 2015 - 06:35 WIB

KARIER PELATIH : Hiddink Terpental dari Kursi Pelatih Timnas

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Guus Hiddink sebagai pelatih Timnas Belanda akhirnya mengundurkan diri. JIBI/dok

Karier pelatih Belanda, Guss Hiddink, berakhir. Ini setelah dia memilih lengser sebagai pelatih Timnas belanda.

Solopos.com, LONDON— Sebagaimana diduga, karier Guus Hiddink sebagai pelatih Timnas Belanda akhirnya berujung prematur.

Advertisement

Pelatih 68 tahun itu memilih lengser setelah hanya bekerja sekitar 10 bulan dalam periode kepelatihan keduanya bersama De Oranje, julukan Belanda. Ia mulai bekerja pada Agustus 2014 lalu dan akan resmi berhenti, Rabu (1/7/2015) waktu setempat.

Sebelumnya, keberlanjutan Hiddink sebagai juru taktik Belanda memicu tanda tanya menyusul rangkaian hasil mengecewakan Robin van Persie dkk. sejak Juli 2014 lalu. Dari total 10 laga yang dilalui hampir setahun terkhir, Belanda menelan lima kekalahan, meraup empat kemenangan, dan satu hasil imbang.

Celakanya, dua dari lima kekalahan Belanda didapatkan di ajang kualifikasi Euro 2016 Grup A. Demikian halnya hasil imbang 1-1 melawan Turki, akhir Maret lalu. Hasil buruk itu membuat De Oranje kini dalam posisi terjepit. Semifinalis Piala Dunia 2014 Brasil itu tercecer di urutan ketiga klasemen dengan nilai 10 dari enam laga, tertinggal lima poin dari Islandia di posisi puncak dan juga terpaut tiga poin dari Republik Cheska di peringkat kedua.

Advertisement

Selain itu posisi Belanda masih jauh dari aman dari kejaran Turki di bawahnya. Padahal kegagalan mempertahankan posisi tiga akan membuat De Oranje tersingkir dari kualifikasi Euro 2016 di Prancis.

Posisi ketiga pun hanya akan memberi tempat di babak playoff karena hanya juara grup dan runner-up yang akan lolos otomatis ke putaran final Euro tahun depan. Situasi itu pula yang membuat Hiddink terpojok hingga akhirnya meninggalkan kursi pelatih.

“Saya meminta maaf semua berakhir seperti ini. Sebuah kehormatan saya dipercaya menjadi pelatih Belanda lagi namun sekarang saya berharap penggantiku, staff pelatih, serta tim meraih sukses menuju Euro [2016] di Prancis,” kata Hiddink dilansir Soccerway, Selasa (30/6/2015).

Advertisement

Dalam pernyataan terpisah, Direktur Sepak Bola Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB), Bert van Oostveen, menilai secara tegas Hiddink telah gagal melakukan tugasnya. “Kami amat menyesal atas perkembangan ini. Sayang sekali hasil yang didapatkan Guus Hiddink tidak berjalan seperti yang diinginkan semua orang. Kami berterima kasih kepada Guus atas kerja kerasnya,” kata Van Oostveen. (Triyono/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif