News
Selasa, 30 Juni 2015 - 22:30 WIB

RESHUFFLE KABINET JOKOWI : Tak Cuma Rini Soemarno, PDIP Tuding 2 Menteri Lain

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Agenda Presiden Jokowi di PT PAL, Sabtu (10/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/M Risyal Hidayat)

Reshuffle Kabinet Jokowi-JK makin panas. Setelah Rini Soemarno, dua menteri lain juga jadi sasaran tudingan.

Solopos.com, JAKARTA — PDIP, partai utama pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Pilpres 2014, terus menguatkan pelemahan wibawa presiden yang dilakukan oleh menterinya. Bukan hanya Rini Soemarno yang jadi sorotan, tapi ada nama lainnya.

Advertisement

Masinton Pasaribu, politisi PDIP yang menjabat sebagai anggota Komisi III DPR, mengatakan pelaku pelemahan wibawa Presiden itu bukan cuma satu perempuan, tapi ada dua menteri berjenis kelamin laki-laki lainnya. “Presiden sebenarnya sudah tahu,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Selasa (30/6/2015).

Menurutnya, pelemahan wibawa Presiden Jokowi tersebut dilakukan tiga menteri di komunitasnya masing-masing. “Mereka kerap berbicara seperti itu sehingga banyak sumber internal kami yang menyebut penghinaan serupa dari menteri-menteri itu.”

Masinton Pasaribu menyebutkan satu perempuan itu kini menjabat sebagai menteri di bidang perekonomian dan satu laki-laki melaksanakan tugas di lingkup Istana Kepresidenan. Adapun satu menteri laki-laki lainnya menjabat sebagai menteri yang jauh dari lingkup istana.

Advertisement

Atas belum adanya penyebutan nama-nama menteri yang melakukan pelemahan wibawa Presiden tersebut, Masinton Pasaribu mengelak jika PDIP dianggap menyebar fitnah. “kami punya bukti rekaman dari masing-masing pernyataan yang menganggap Presiden tidak tahu apa-apa itu.”

Yang jelas, papar Masinton, siapa menteri-menteri yang banyak ditanya oleh wartawan terkait dengan isu tersebut tidak sepenuhnya salah. “Iya, tapi saya enggak mau menyebut. Ini menyangkut etika,” katanya.

Masinton juga tidak sepenuhnya menyangkal saat wartawan menyebut menteri-menteri adalah pejabat yang kerap disebut dengan Trio Singa Istana. “Iya, dua di antaranya Trio Macan [Trio Singa] itu,” tegasnya.

Advertisement

Seperti diketahui, istilah Trio Macan atau Trio Singa ramai disebut untuk tiga pejabat, yakni Kepala Staf Kepresidenan Luhut Pandjaitan, Seskab Andi Widjajanto, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Kendati demikian, Rini membantah jika dituding menghina Presiden. Rini hanya mengatakan, tanya saja kepada mereka yang bicara, jangan ke saya. “Kalau memang sudah waktunya untuk saya diganti. Itu adalah keputusan dan prerogratif dari Bapak Presiden. Apapun saya bersyukur dan berterimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya,” tutur Rini sebelum menghadiri Rapat Kerja dengan DPR di Kompleks Gedung Parlemen, Selasa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif