Otomotif
Selasa, 30 Juni 2015 - 14:00 WIB

MOBIL SUPER : Sosok Ferrari F12 Berlinetta Versi Balap Mulai Terkuak

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto spyshot Ferrari F12 dengan stiker kamuflase. (Gtspirit.com)

Mobil super Ferrari F12 Berlinetta versi balap mulai terdeteksi di jalanan Italia.

Solopos.com, MARANELLO – Produsen mobil super asal Italia, Ferrari, dikabarkan tengah menyiapkan F12 Berlinetta versi balap. Kabar itu beredar setelah sejumlah saksi melaporkan melihat mobil supercepat itu berseliweran di jalanan Maranello, Italia dengan stiker kamuflase khusus.

Advertisement

Seperti dilansir laman Autoevolution, Minggu (28/6/2015), mobil super terbaru Ferrari itu disinyalir adalah F12 GTO yang akan dipamerkan dalam pameran otomotif Frankfurt Motor Show di Jerman September 2015 mendatang.

Dalam dunia mobil Italia, GTO merupakan singkatan dari istilah Gran Turismo Omologato yang merujuk pada mobil dengan spesifikasi serta kapasitas bahan bakar yang telah memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam kejuaraan balap resmi meskipun sebenarnya mobil itu diciptakan sebagai mobil jalanan umum (street legal).

Siaran resmi Ferrari yang dilansir laman Autoblog, Senin (22/6/2015), menyebutkan F12 GTO merupakan versi sadis dari F12 Belineta karena menggendong mesin V12 naturally aspirated berkapasitas 6.300 cc. Tenaga yang sebelumnya berada di kisaran 731 hp juga meningkat menjadi 800 hp bahkan mencapai 963 hp dengan unit HY-KERS Laferrari.

Advertisement

Layaknya mobil seri GTO, meningkatnya spesifikasi mesin dan bertambahnya tenaga itu juga dibarengi dengan menyusutnya bobot mobil. Pabrikan berlambang kuda jingkrak itu mengklaim Ferrari F12 GTO lebih ringan 100 kg ketimbangn F12 Berlineta.

Berdasarkan foto spyshot yang beredar, tampaknya tidak ada perubahan bentuk dari Ferrari F12 Belinetta dengan F12 GTO. Keduanya masih mempertahankan bodi depan dengan desain aerodinamika khas Ferrari serta bodi belakang beraura agresif dengan dua lampu belakang membulat dan empat buah knalpot.

Rumor yang beredar menyebutkan mobil super Ferrari F12 GTO akan diproduksi sebanyak 650 unit. Angka itu lebih banyak dari seri Ferrari 599 GTO yang meluncur 2014 lalu dengan jumlah 599 unit. Sayangnya, Ferrari belum membeberkan harga mobil jalanan rasa mobil balap itu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif