Lifestyle
Senin, 29 Juni 2015 - 18:45 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini Bahaya Tidur Bersama Smartphone

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur bersama smartphone (Huffingtonpost.co.uk)

Tips kesehatan dan berbagai penelitian menyebutkan tidur bersama smartphone sangat berbahaya bagi kesehatan.

Solopos.com, SOLO – Di era serba modern, manusia seakan tak bisa lepas dari pengaruh gadget. Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur di malam hari, gadget seakan tak pernah bisa lepas dari genggaman. Tapi perlu Anda garis bawahi, smartphone memiliki dampak buruk bagi kesehatan apabila diletakkan di dekat tubuh saat tidur.

Advertisement

Sebagaimana dikutip Solopos.com, Senin (29/6/2015), dari Bussines Insider, tidur bersama smartphone dapat merusakan mata. Ahli mata mengatakan, saat mata terpapar layar smartphone terus menerus, retina dapat mengalami macular degeneration dapat menyebabkan kebutaan.

Tak hanya akan merusak mata, tidur bersama smartphone juga dapat menyebabkan kanker. Hal ini dikarenakanAnda kekurangan melatonin. Hormon melatonin sejatinya berfungsi merangsang tubuh untuk merasakan kantuk dan tertidur dengan nyenyak.

Kekurangan melatonin ini bisa membuat Anda lebih rentan terkena penyakit. Menurut National Library of Medicine Amerika Serikat, kekurangan hormon ini dapat membuat seseorang lebih rentan terserang kanker payudara, ovarium, dan prostat.

Advertisement

Sementara dikutip Huffingtonpost, pemilik smartphone yang membiarkan ponsel mereka berada di tempat tidur dapat terkena hypervigilance. Hypervigiliance adalah suatu gejala di otak yang membuat seseorang mengalami ketegangan dan kewaspadaan terus menerus.

“Untuk mendapatkan tidur malam yang baik, Anda harus merasa aman dan tidak khawatir tentang apa pun. Dengan ponsel yang berada di dekat Anda pada malam hari, secara sadar Anda ingin menggunakan ponsel itu. Otak akan memantau situasi dan tidur Anda, tidur akan menjadi lebih mudah terganggu,” ujar Dr Neil Stanley dari Leeds University.

Tak cukup sampai di situ, cahaya pada layar smartphone juga dapat menyebabkan gangguan ritme alami tubuh seseorang dan menipu tubuh manusia sehingga menggangap waktu masih siang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif