Ilustrasi stok pupuk (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi stok pupuk (JIBI/Solopos/Dok.)
Minggu, 28 Juni 2015 02:45 WIB JIBI/Solopos/Newswire Semarang Share :

MUSIM KEMARAU
Stok Pupuk Pekalongan Aman

Musim kemarau datang, Pemkab Pekalongan memastikan stok pupuk aman.

Solopos.com, PEKALONGAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), menjamin persediaan pupuk masih aman, mampu mencukupi kebutuhan para petani pada musim tanam kemarau ini.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Pekalongan, Teguh Isdaryanto di Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa alokasi pupuk yang disediakan kini masih sesuai kebutuhan kelompok petani.

“Alokasi pupuk masih sesuai dengan kebutuhan kelompok tani sehingga kami minta mereka tidak perlu khawatir terjadinya kelangkaan bahan penyubur tanaman itu,” katanya, Sabtu (27/6/2015) sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut dia, jumlah alokasi pupuk jenis urea sebanyak 17.400 ton, ZA 1.950 ton, SP-36 tercatat 2.400 ton, NPK 4.500 ton, dan jenis pupuk organik 3.100 ton.

Meski ketersediaan pupuk masih relatif cukup, kata dia, pemkab akan terus melakukan pengawasan dan koordinasi dengan pihak terkait lainnya.

Ia mengatakan pemkab akan menurunkan petugas untuk mengecek ke lapangan dan memastikan ketersediaan pupuk agar barang bersubsidi bisa sampai dan dimanfaatkan oleh penerimanya.

“Untuk mempermudah jangkauan terhadap para petani, kami sudah memberlakukan peraturan bahwa penjualan pupuk tak diperkenankan di pasar,” katanya.

Ia mengatakan pemkab sudah memberlakukan rayonisasi terhadap penjualan pupuk sebagai upaya menghindari penyelewengan pupuk dijual ke daerah lain. “Seluruh daerah sudah ada rayonisasi sehingga jangan sampai pupuk dibeli oleh masyarakat dari luar daerah,” katanya.

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…