Otomotif
Jumat, 26 Juni 2015 - 00:50 WIB

TIPS MUDIK : Muatan Mobil Berlebihan, Awas Banyak Risiko

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pecah ban. (Timeslive.co.za)

Tips mudik untuk mobil supaya membawa muatan secukupnya.

Solopos.com, JAKARTA – Ketika mudik, sebaiknya bawalah barang seperlunya agar mobil tidak mengalami kelebihan muatan dan terhindar dari risiko terburuk. Apa saja risikonya? Simak tips mudik berikut ini.

Advertisement

Dadi Hendriadi selaku GM Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa setiap mobil memiliki daya angkut yang berbeda. Membawa muatan yang berlebihan dapat memicu kerusakan pada suspensi hingga berisiko kecelakaan.

Sebagai gambaran, ia mencontohkan dengan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) Toyota Avanza yang dapat mengangkut maksimal tujuh orang dan barang bawaan maksimal 100 kilogram.

“Misalnya Avanza yang bisa memuat tujuh orang, estimasi satu orang itu berbobot kira-kira 70-75 kilogram. Lebih dari itu, beban suspensi jadi lebih berat. Kalau sudah ngepres banget, suspensi ngeredam tikungan jadi tidak optimum, handling mobil jadi enggak stabil,” beber Hendriadi seperti dilansir laman Detik, Rabu (25/6/2015).

Advertisement

Efek buruk dari muatan mobil yang berlebihan juga akan menjalar ke ban mobil. Kendati ban dapat menanggung beban berat, namun jika digunakan untuk menempuh jarak jauh, ban bisa saja meledak dan berpotensi mengancam keselamatan penumpang.

“Angkut beban berat dia [ban] bisa sebenarnya. Tapi deformasinya jadi tidak maksimal. Ban kan selalu deformasi, ngembang, kecil lagi, ngembang, kecil lagi. Kalau dia terlalu berat dia kayak kempes gitu padahal tekanannya udah maksimal. Nah itu jadi overheat akibatnya jadi pecah ban,” imbuh Hendriadi.

Risiko Menaruh Barang Bawaan di Atap Mobil
Ketika mudik, sering dijumpai juga mobil yang membawa barang bawaan dengan ditumpuk di atap. Padahal sebenarnya atap mobil tidak didesain untuk dibebani dengan barang bawaan.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman resmi Daihatsu Indonesia, akan terjadi penyok di tengah atap mobil jika bagian tersebut dibebani barang bawaan. Tips mudik jika tetap ingin menumpuk barang di atap, sebaiknya lengkapi mobil Anda dengan roof rack. Pastikan juga barang bawaan ditali dengan kencang agar tidak terjatuh selama perjalanan.

 

Advertisement
Kata Kunci : Tips Mudik Tips Otomotif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif