Jogja
Kamis, 25 Juni 2015 - 00:20 WIB

TRANSMIGRASI DIY : Tahun Ini, DIY Dapat Kuota 202 Keluarga

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lahan transmigrasi (JIBI/Antara/Dok.)

Transmigrasi DIY tahun ini mendapatkan kuota untuk 202 keluarga

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 202 kepala keluarga (KK) di DIY disiapkan untuk bertransmigrasi, tahun ini. Jumlah transmigran kali ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 70 orang.

Advertisement

Calon transmigran akan di sebar ke delapan provinsi, yakni Riau, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, dan Gorontalo. Bahkan daerah tujuan sudah menyiapkan fasilitas untuk transmigran.

“Sebelum berangkat, mereka akan menjalani seleksi dua kali di tingkat kabupaten dan Provinsi,” kata Kepala Bidang Transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Retno Basundari, seusai penandatanganan kerjasama dengan kepala dinas dari provinsi tujuan transmigrasi DIY di Hotel Grage Yogyakarta, Selasa (23/6/2015).

Retro mengatakan banyak yang sudah antri calon transmigran sejak tiga tahun terakhir. Namun, kuota transmigran untuk DIY sedikit. Pada 2013 lalu, kuota transmigran DIY 150 KK. Namun, pada 2014 kuotanya kembali berkurang drastis menjadi 70 KK. Kuota 202 KK transmigran saat ini sudah disiapkan oleh masing-masing kabupaten di DIY.

Advertisement

Menurut Retno, Pemda DIY tidak lagi membantu modal usaha dalam bentuk uang untuk transmigran. Namun, Gubernur DIY sudah bekerjasama dengan pemerintah tujuan transmigran akan memberikan bantuan alat produksi sesuai dengan sumber daya alam yang akan digarap warga DIY di daerah tujuan.

“Kita akan petakan alat produksi yang paling dibutuhkan di lokasi tujuan,” kata Retno.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Transmigrasi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif