Soloraya
Kamis, 25 Juni 2015 - 02:45 WIB

PILKADA SUKOHARJO 2015 : PAN Siapkan Kader Internal Maju Cabup

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo PAN (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada Sukoharjo 2015 dari PAN menyiapkan kader internal untuk maju menjadi cabub.

Solopos.com, SUKOHARJO — Partai Amanat Nasional (PAN) menyiapkan dua tokoh internal yang dianggap potensial untuk bersaing di penjaringan calon bupati (cabup)-calon wakil bupati (cawabup) Sukoharjo yang bakal dibuka partai tersebut. Mereka adalah Ketua DPD PAN Sukoharjo, Nurdin; dan Bendahara, Sunoto.

Advertisement

Sekretaris DPD PAN Sukoharjo, Sri Marjono, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (24/6/2015), menilai dua figur tersebut layak diajukan karena mereka memiliki rekam jejak politik yang bagus. Nurdin sudah berpengalaman belasan tahun di DPRD Sukoharjo, sedangkan Sunoto saat ini juga berkiprah di DPRD. Kiprah mereka di perpolitikan dianggap sudah memenuhi kriteria PAN.

Keduanya disiapkan partai untuk mengisi cabup atau cawabup dalam penjaringan yang bakal dibuka koalisi PAN dan Partai Golkar. Hanya, saat ditanya kapan penjaringan akan dilaksanakan, Marjono, belum mengetahuinya. Sebab, PAN masih menunggu kepastian Golkar yang masih berkutat dengan masalah dualisme kepengurusan di tingkat pusat.

“Kami yakin masalah Golkar akan selesai pada bulan ini. Makanya kami berani menyiapkan figur dari internal. Penjaringan cabup-cawabup akan kami buka setelah Golkar sudah pasti ikut pilkada,” kata Marjono.

Advertisement

Selain menyiapkan tokoh internal, PAN juga sudah menyiapkan tim yang khusus mengurusi pilkada. Tim tersebut tergabung dalam desk pilkada yang diisi oleh para kader dari DPC PAN tiap kecamatan yang diketuai Farid Iswanto. Mereka bertugas menyiapkan segala sesuatu terkait pemenangan pilkada.

“Sedangkan kami [pengurus DPD PAN] bertugas menjalin komunikasi politik baik dengan partai maupun dengan tokoh lain,” imbuh Marjono.

Terpisah, Sekretaris DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sukoharjo, Eko Sapto Purnomo, mengatakan Gerindra belum mengambil langkah politik apa pun terkait pilkada. Namun demikian bukan berarti Gerindra tidak bergerak. Menurut Wakil Ketua DPRD Sukoharjo itu partai berlambang kepala burung garuda tersebut intensif menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh di Sukoharjo. Dia menilai masih banyak tokoh yang memiliki kredibilitas baik dan layak bersaing dengan Wardoyo.

Advertisement

“Ada tokoh baik dari birokrasi maupun dari luar birokrasi. Pak Agus [Agus Tri Raharjo] contohnya. Saya kira beliau juga berpengalaman,” kata dia.

Dia mengaku telah berkomunikasi dengan Agus yang juga Ketua Forum Pembaruan Desa untuk menghadirkan wacana baru. Kendati demikian Gerindra belum menentukan langkah akan meminang Agus untuk ikut bursa cabup-cawabup di partainya atau tidak. Gerindra harus berkoalisi agar dapat mengusung cabup-cawabup.

“Masyarakat Sukoharjo membutuhkan cabup-cawabup alternatif agar dapat menambah khazanah visi dan misi pembangunan. Artinya, kalau ada calon lain berarti ada visi dan misi yang diadu,” ujar Saptio.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif