News
Kamis, 25 Juni 2015 - 16:15 WIB

LEBARAN 2015 : Jokowi Minta Gubernur Amankan Pasokan Sembako, Ini Langkah APPSI

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Lebaran 2015 mulai dipersiapkan khususnya terkait menjaga pasokan sembako di daerah.

Solopos.com, JAKARTA — Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) akan melakukan koordinasi dengan seluruh kementerian dan lembaga, termasuk Bulog untuk mengamankan pasokan bahan kebutuhan pokok di daerah.

Advertisement

Ketua Umum APPSI, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pemenuhan pasokan sembilan bahan pokok di daerah menjadi salah satu fokus yang ditekankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para gubernur.

“Itu yang dikonsentrasikan Presiden, dan akan dikerjakan dengan maksimal oleh gubernur, sehingga kebutuhan dasar masyarakat dapat segera kami penuhi,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Menurut dia, Presiden meminta seluruh pemerintah provinsi melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, untuk mengamankan pasokan sembilan bahan pokok menjelang Idulfitri.

Advertisement

Syahrul menuturkan pemerintah juga menekankan pentingnya perdagangan antardaerah, untuk pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok. Pasalnya, selama ini ada daerah yang kelebihan pasokan komoditas tertentu, sedangkan di daerah lain kekurangan.

Menurutnya, perdagangan antardaerah juga dapat mengurangi kesenjangan pasokan kebutuhan pokok, yang dapat menyebabkan inflasi di daerah.

Presiden sendiri memang mengharapkan setiap daerah dapat menutupi kekurangan daerah lain, sehingga terjadi pemerataan di seluruh wilayah Indonesia.

Advertisement

“Presiden mengharapkan adanya saling silang dalam menutup kebutuhan masing-masing daerah. Kalau ada yang kurang, maka dipasok dari yang berlebihan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Syahrul menyebutkan Presiden menegaskan perlunya percepatan proyek pembangunan yang ada di daerah. Kepala daerah pun diminta untuk tidak takut dalam melaksanakan program dan proyek yang telah dicanangkan pemerintah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif