Otomotif
Rabu, 24 Juni 2015 - 06:10 WIB

SEPEDA MOTOR TERBARU : Tunggangi Byson Injeksi, Pengamat: Menikung Makin Enak

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Posisi berkendara Yamaha Byson Injeksi. (Tmcblog.com)

Sepeda motor Yamaha Byson fuel injection dinilai lebih stabil dan agresif.

Solopos.com, JAKARTA – Melengkapi jajaran sepeda motor naked street fighter setelah MT-25, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan sepeda motor terbaru Byson injeksi. Dalam peluncuran yang dibalut acara buka puasa bersama itu, YIMM mempersilakan siapa saja menjajal kehebatan sepeda motor bongsor itu.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari laman Detik dan pemaparan pengamat otomotif Taufik Hidayat, Selasa (23/6/2015), beginilah kira-kira sensasi mengendarai Yamaha Byson injeksi yang dijual seharga Rp21,65 juta on the road Jakarta.

Posisi Berkendara
Yamaha mengklaim Byson injeksi dibangun dari DNA Aggressive Cruiser yang cocok untuk pencinta kegiatan touring lantaran memiliki setang yang lebar dan menyajikan posisi berkendara yang lebih tegak ketimbang motor sport.

Advertisement

Posisi Berkendara
Yamaha mengklaim Byson injeksi dibangun dari DNA Aggressive Cruiser yang cocok untuk pencinta kegiatan touring lantaran memiliki setang yang lebar dan menyajikan posisi berkendara yang lebih tegak ketimbang motor sport.

Pengendara dengan tinggi di atas 175 cm dapat menggenggam setang dengan nyaman tanpa harus menundukkan badan. Sedangkan kaki akan menapak mantap ke aspal. Tentu hal tersebut membuat punggung tidak cepat lelah saat berkendara.

Pengamat otomotif Taufik Hidayat yang memiliki tinggi kurang dari 175 cm mengaku masih cukup nyaman menunggangi motor itu meski sedikit membungkuk untuk meraih setang. Menurutnya, ergonomi berkendara Byson injeksi tidak mengalami perubahan dari versi Byson karburator dan masih cocok untuk touring jarak jauh.

Advertisement

“Akselerasi lembut dan enggak terlalu istimewa, tapi cukup-cukup aja buat riding santai, kan memang ini motor bukan untuk balap atau adu performa. Lebih untuk kenyamanan berkendara,” papar Taufik.

Handling
Sepeda motor terbaru Yamaha Byson injeksi masih dibekali suspensi yang sama dengan Byson karburator yang telah terbukti keandalannya dalam meredam getaran akibat jalanan bergelombang.

Selain itu tuas kopling yang terhubung pada transmisi lima percepatan juga empuk saat dioperasikan. Hal itu membuat tangan tidak lekas lelah saat terjebak kemacetan yang mengharuskan untuk bermain kopling lebih sering.

Advertisement

Menurut Taufik, Byson injeksi lebih mantap ketika digunakan untuk menikung ketimbang Byson karburator. Menurutnya, peningkatan kenyamanan itu berkat dipakainya ban tubeless tapak lebar di kaki depan berukuran 80/100-17 dan kaki belakang 130/80-17.

“Terasa ada semacam keseimbangan bobot saat menikung. Bisa jadi dikarenakan adanya pemusatan bobot motor di tengah yang salah satunya disebabkan oleh desain knalpot midship dan hadirnya kotak catalityc converter,” imbuh Taufik.

Kekurangan yang terdapat pada sepeda motor terbaru Yamaha Byson injeksi adalah masih diaplikasikannya rem tromol pada roda belakang. Tentu pengereman akan lebih maksimal jika menggunakan rem cakram di kedua roda.

Advertisement

Sepeda motor terbaru, Yamaha Byson injeksi, Yamaha Byson terbaru, harga Yamaha Byson

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif