Otomotif
Rabu, 24 Juni 2015 - 09:40 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Wow, Samsung Ciptakan Truk Trailer Tembus Pandang

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Samsung Safety Truck. (Dailymail.com)

Inovasi otomotif dilakukan oleh Samsung lewat truk yang aman untuk disalip.

Solopos.com, WASHINGTON – Tidak puas menguasai pasar smartphone dan sejumlah perangkat elektronik, kini Samsung menciptakan inovasi otomotif berupa truk trailer yang dibuat seolah tembus pandang.

Advertisement

Seperti dilansir laman Dailymail, Senin (22/6/2015), Samsung sedang mengembangkan proyek inovasi otomotif yang diberi nama Safety Truck. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu berniat menciptakan truk yang paling aman dan dapat mengurangi tingkat kecelakaan.

Safety Truck diciptakan dari permasalahan para pengemudi kendaraan kecil seperti mobil dan sepeda motor merasa kesal saat berada di belakang truk berukuran besar. Pasalnya truk memakan sebagian besan badan jalan, dan umumnya para pengendara merasa ragu-ragu untuk menyalipnya.

Akan tetapi jika berada di belakang Samsung Safety Truck Anda tidak perlu khawatir. Sebab truk itu telah dilengkapi dengan kamera nirkabel di bagian depan dan empat layar raksasa yang ditempelkan di bagian belakang.

Advertisement

Kamera tersebut difungsikan untuk merekam secara langsung situasi di bagian depan truk. Sementara itu, empat layar di bagian belakang akan menampilkan hasil rekaman itu secara live.

“Ini membuat pengemudi mobil di belakang Safety Truck memiliki pandangan yang lebih baik ketika akan menyalip. Truk tembus pandang ini juga mengurangi risiko kecelakaan yang disebabkan oleh pengeremanan mendadak atau saat ada hewan menyeberang,” tulis Samsung dalam siaran resminya.

Samsung mengatakan Safety Truck akan dikembangkan lebih lanjut di Argentina. Negara itu dipilih karena memiliki angka kecelakaan yang tinggi dan sebagian besar diakibatkan oleh truk berukuran besar dan panjang yang menutupi pandangan.

Advertisement

Kendati demikian inovasi otomotif itu masih berstatus prototipe dan belum diproduksi dalam jumlah banyak. Samsung mengaku masih mengkaji lebih lanjut tentang untung-rugi jika teknologi Safety Truck dibuat dalam jumlah banyak.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif