Lifestyle
Selasa, 23 Juni 2015 - 06:40 WIB

TIPS PUASA : Anak Malas-Malasan Puasa? Begini Triknya!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kebiasaan mengemil anak-anak (livinggreenmag.com)

Tips puasa Ramadan 1436 Hijriah kali ini mengulas cara orang tua untuk menarik hati si kecil untuk turut melaksanakan kewajiban berpuasa.

Solopos.com, JAKARTA — Bulan suci Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai agama kepada buah hati. Tips berikut ini membahas tentang beberapa trik agar anak tidak malas-malasan berpuasa.

Advertisement

Dalam tips puasa ini, Psikolog Melly Puspita Sari, Psi, M,NLPm mengungkapkan beberapa kegiatan mengasyikkan selama Ramadan yang bisa dilakukan orang tua bersama si buah hati.

Menurut Melly, orang tua bisa mengajak anak membuat kue untuk buka puasa agar anak-anak tidak lemas ketika menanti azan Magrib. Melly berpemdapat, sore hari menjadi waktu yang sangat krusial bagi anak saat mereka berpuasa.

“Orang tua harus cerdas menyiasati kondisi agar anak tidak lesu. Pancing anak-anak dengan pertanyaan, ‘Kamu mau berbuka puasa pakai apa?’ Ketika si anak sudah menjawab, misalnya, berbuka dengan banana split, ajak mereka membuat itu bersama,” ucap Melly sebagaimana dilansir Okezone, Senin (22/6/2015).

Advertisement

Melly juga mengimbau, prang tya harus lihai mengajak anak agar mereka tetap riang saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

“Orang tua harus mengajak anak riang di bulan Ramadan. Agar puasa memberi kesan dan kenangan seru pada anak. Dengan melakukan aktivitas itu, akan membuat anak mengenang sampai besar. Ia akan selalu teringat kalau puasa itu seru,” jelas Melly.

Pelbagai kegiatan sederhana dan melibatkan buah hati akan membuat mereka senang dan tidak bosan. Dengan berpuasa, secara tidak langsung, anak-anak juga belajar tentang nilai agama untuk menahan hawa nafsu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif