Sport
Selasa, 23 Juni 2015 - 12:25 WIB

SEPAK BOLA INDONESIA : Pemain Garuda Muda Ingin Jadi Tentara, Ini Kata Rahmad Darmawan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rahmad Darmawan (JIBI/Solopos/Antara)

Sanksi FIFA terhadap sepak bola Indonesia, membuat beberapa pemain Garuda Muda ingin menjadi tentara.

Solopos.com, JAKARTA — Beberapa pemain sepak bola Indonesia mengaku sedang mempertimbangkan rencana beralih pekerjaan menjadi tentara. Pelatih Rahmad Darmawan yang masih aktif menjadi marinir Angkatan Laut memberi nasihat kepada mereka.

Advertisement

Sejumlah pemain Tmnas Indonesia U-23 seperti Mahanati Lestusen, Teguh Amirudin, Adam Alis, Ravi Murdianto, Abduh Lestaluhu dan Wawan Febriyanto belum lama ini mengungkapkan rencana menjadi tentara karena sepak bola Indonesia masih tak jelas arahnya.

Rahmad Darmawan menilai pilihan tersebut sangat wajar, apalagi menjadi TNI memiliki jaminan di masa tua apabila kelak tak lagi menjadi pemain sepak bola Indonesia.

Advertisement

Rahmad Darmawan menilai pilihan tersebut sangat wajar, apalagi menjadi TNI memiliki jaminan di masa tua apabila kelak tak lagi menjadi pemain sepak bola Indonesia.

“Saya kira ini wajar, pemain ingin masuk TNI untuk menjamin masa tua ketika tidak bisa lagi bermain sepak bola. Kegiatan di TNI punya kesamaan dengan sepak bola, terutama menjaga kebugaran fisik, yang bersifat kekuatan mental dan bisa didapatkan ketika ikut pendidikan militer,” kata Rahmad, seperti dilansir Detik, Selasa (23/6/2015).

Kendati begitu, pelatih Persija Jakarta itu meminta kepada pemain sepak bola Indonesia untuk mempersiapkan mentalnya. Menurutnya, setiap pekerjaan baik pemain sepak bola atau tentara harus dilakukan dengan santai.

Advertisement

Luar Lapangan Hijau

Dilansir Liputan6.com, Selasa, Adam Alis mulai melihat peluang lain di luar lapangan hijau. Adam berniat mencoba mengikuti seleksi anggota TNI Angkatan Darat.

Pemain sepak bola Indonesia U-23 itu mengaku mendapat masukan menjadi abdi negara dari seorang perwira menengah TNI AD. Adam tertarik mengikuti ujian masuk yang digelar setelah SEA Games 2015 di Singapura.“Nanti setelah SEA Games 2015, saya akan penuhi persyaratan, termasuk dokumen-dokumen,” ucap Adam.

Advertisement

Pekerjaan sebagai pemain sepak bola di Indonesia sejauh ini belum memberikan jaminan masa depan. Persoalan gaji sering menjadi masalah. Sanksi FIFA yang dijatuhkan untuk Indonesia pada Sabtu (30/5/2015) menambah keinginan Adam untuk menjadi tentara.

Menurut Adam, bukan hanya dia yang berniat menjadi Anggota TNI AD. Rekan-rekannya sesama pemain Timnas Indonesia U-23 juga ingin melakukannya. ”Ada beberapa rekan di Timnas Indonesia U-23 yang tertarik menjadi tentara,” ujar mantan pemain Martapura FC itu.

Sebelumnya, Adam sempat menyatakan ingin berkarier di luar negeri. Dia juga disebut-sebut akan menjalani latihan bersama salah satu klub Jepang.

Advertisement

Adam membenarkan dirinya akan melakoni uji coba ke Jepang. Namun pemain sepak bola Indonesia berusia 21 tahun tersebut masih menunggu kepastian jadwal.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif