Otomotif
Selasa, 23 Juni 2015 - 07:45 WIB

BENSIN PERTALITE : Toyota Uji Pertalite Pada Avanza, Begini Hasilnya!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bensin Pertalite tidak memiliki efek signifikan pada performa Toyota Avanza.

Solopos.com, JAKARTA – Bensin jenis baru yang sedianya untuk menggantikan Premium, Pertalite, mulai dites pada mobil Toyota Avanza. Hasil pengujian itu menyebutkan tidak ada peningkatan performa yang signifikan.

Advertisement

Seperti dilansir laman resmi Toyota Indonesia, Senin (22/6/2015), PT Toyota Astra Motor tengah menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengkaji bensin Pertalite pada mobil Avanza transmisi otomatis.

Staf Ahli Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi ITB, Yuswidjajanto Zaenuri, menjelaskan terjadi peningkatan kecepatan akselerasi pada Avanza saat menggunakan Pertalite ketimbang saat diuji menggunakan Premium. Akan tetapi menurutnya peningkatan itu tidak terlalu signifikan.

“Mesin dibiarkan standar seperti saat keluar dari pabrik perakitan. Memang Pertalite mampu membuat Avanza berakselerasi lebih cepat dari pada saat menggunakan Premium. Namun, angkanya tidaklah terlalu besar seperti dugaan semula,” tutur Zaenuri.

Advertisement

Kendati demikan, Zaenuri mengungkapkan pengujian itu belum terlalu mendalam. Untuk mengetahui hasil yang akurat, diperlukan tim khusus untuk mengkaji dampak dari bensin yang diposisikan di antara Premium dan Pertamax tersebut dengan mesin mobil.

“Dibutuhkan pengujian lebih lanjut sehingga menghasilkan data yang akurat. Diperlukan pula tim analisis yang profesional untuk mendapatkan hasil pengujian yang dapat dipertanggungjawabkan,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, bensin Pertalite yang memiliki nilai oktan (RON) 90 sempat digadang-gadang akan menggantikan bensin jenis Premium yang memiliki RON 88. PT Pertamina (Persero) mengatakan akan meluncurkan Pertalite setelah Lebaran Idul Fitri tahun ini yang jatuh pada Juli 2015.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif