Lifestyle
Senin, 22 Juni 2015 - 15:40 WIB

TIPS KESEHATAN : Inilah Manfaat Garam Bagi Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi garam. (JIBI/Solopos/Dok.)

Tips kesehatan kali ini mengenai manfaat garam bagi kesehatan tubuh.

Solopos.com, SOLO – Garam yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ternyata juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari memperlancar pencernaan, sampai menyembuhkan luka bakar. Nah, apa saja khasiat garam tersebut?

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Boldsky, Senin (15/6/2015), berikut adalah beberapa khasiat garam bagi kesehatan tubuh.

Menyembuhkan Sakit Gigi dan Sariawan

Advertisement

Menyembuhkan Sakit Gigi dan Sariawan

Timbulnya sariawan di rongga mulut serta gigi yang terasa ngilu memang sangat menjengkelkan. Jika tidak segera diobati, rasa sakit tersebut akan sangat menyiksa. Sebab, terkadang penyakit tersebut membuat seseorang menjadi sulit untuk makan dan berbicara.

Nah, ternyata garam berkhasiat untuk menyembuhkannya. Garam memiliki sifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab sariawan serta sakit gigi.

Advertisement

Anda juga bisa membuat obat kumur dari garam. Caranya, campurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata. Kemudian berkumurlan dengan larutan tersebut.

Menghilangkan Rasa Panas di Tangan

Rasa panas ditangan akibat mengiris cabai dalam jumlah yang banyak adalah hal yang wajar dialami ibu-ibu di rumah. Biji cabai tersebut akan menyebabkan rasa panas dan terbakar pada kulit.

Advertisement

Nah, dalam hal itu Anda bisa memakai garam untuk menghilangkan rasa panas di tangan. Caranya, jangan langsung mencuci tangan dengan air. Akan tetapi, gosokkan garam pada kedua tangan Anda terlebih dahulu. Setelah rasa panas itu hilang, bilaslah tangan dengan air bersih.

Menyembuhkan Diare

Garam juga dipercaya mampu mengatasi diare. Ketika Anda terserang diare, minumlah larutan oralit. Oralit itu dapat Anda buat sendiri di rumah. Caranya, tambahkan satu sendok teh garam ke dalam tiga per empat gelas air hangat. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif