Soloraya
Senin, 22 Juni 2015 - 20:40 WIB

GAJI PNS : Gaji Ke-13 dan Rapelan Kenaikan Cair 15 Juli

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Gaji PNS ke-13 dan rapelan kenaikan gaji di Karanganyar akan cair 15 Juli.

Solopos.com, KARANGANYAR — Mendekati lebaran, gaji ke-13 PNS akan dicairkan. Selain itu PNS juga akan menerima rapelan kenaikan gaji selama enam bulan terakhir.

Advertisement

“Tahun ini ada kenaikan gaji sebesar enam persen dari gaji pokok PNS. Tapi penyerahan gaji dengan nominal baru itu baru dilakukan per Juli nanti. Sedangkan tambahan untuk Januari-Juni akan diserahkan pada 15 Juli nanti,” kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Karanganyar, Sumarno, saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (22/6/2015).

Dia mengatakan kenaikan gaji PNS tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 30/20I5 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah No. 7/1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

Berdasarkan lampiran peraturan tersebut, untuk golongan I besaran gajinya antara Rp1,486 juta-Rp2,558 juta. Untuk golongan II antara Rp1,926 juta-Rp3,638 juta. Gaji golongan III antara Rp2,456 juta-Rp4,568 juta. Sedangkan untuk golongan IV antara Rp2,899 juta-Rp5,620 juta.

Advertisement

Sementara itu untuk pemberian gaji ke-13, Sumarno belum memastikan jadwalnya. “Menurut renca, gaji ke-13 akan diberikan sebelum rencana. Kemungkinan berdekatan dengan penyerahan rapel tambahan gaji tersebut,” kata dia.

Dia mengatakan gaji ke-13 tersebut hanya diperuntukkan bagi PNS. Menurut Sumarno saat ini di Karanganyar terdapat sekitar 11.470 PNS.

Sebelumnya Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan pemberian tunjangan ataupun gaji ke-13 akan dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

Advertisement

“Apa yang menjadi hknya akan diberikan sesuai ketentuan. Termasuk gaji ke-13,” kata dia saat ditemui wartawan di Karanganyar belum lama ini.

Dia juga berharap gaji ke-13 tersebut bisa diberikan sebelum lebaran. Mengingat pada umumnya pengeluaran masyarakat menjelang lebaran akan meningkat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif