Entertainment
Senin, 22 Juni 2015 - 18:40 WIB

ASHOKA ANTV : Dinasti Maurya, Titik Balik Spiritualisme Ashoka

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemeran dalam serial India Ashoka (Indiaopines.com)

Ashoka Antv mengisahkan sejarah Dinasti Maurya.

Solopos.com, SOLO — Serial India yang tayang di Antv berjudul Ashoka menggambarkan kepemimpinan Raja Ashoka yang menjadi salah satu pemimpin terkuat di tanah India. Dalam hal spiritual, Ashoka menjadi salah satu tokoh dunia yang berpengaruh dalam penyebaran agama Buddha.

Advertisement

Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Senin (22/6/2015), tercatat dalam sejarah, Ashoka lahir pada 304 sebelum masehi (SM), dari pasangan Raja Bindusara dan Dharma atau Shubhadrangi.

Ashoka terlahir sebagai seorang Hindu. Namun, perjalanan hidupnya dalam banyak peperangan menuntun Ashoka beralih ke agama Buddha.

Advertisement

Ashoka terlahir sebagai seorang Hindu. Namun, perjalanan hidupnya dalam banyak peperangan menuntun Ashoka beralih ke agama Buddha.

Kehidupan Pribadi
Dalam sejarah India, Ashoka memiliki empat istri, yaitu Ashandimitra, Devi, Karuvaki, Padmavati, dan Tishyaraksha. Dari empat tersebut, Ashoka memiliki enam anak. Mahendra dan Sanghamitra adalah anak dari pernikahannya dengan Devi.

Lalu, Tivala adalah anak Ashoka bersama Karuvaki. Sementara Kunala adalah anak Ashoka dari hubungannya bersama Padmavati. Selanjutnya, Charumati adalah anak dari Ashoka dan Ashandimitra. Sedangkan untuk identitas Jaluka belum ada rujukan sejarah mengenai asal usulnya.

Advertisement

Suatu saat, dikisahkan dalam sejarah India Ashoka bersama prajuritnya berperang ke Kalingga. Peperangan di Kalingga inilah yang membuat 100.000 lebih rakyat Ashoka tewas, dan sekitar 10.000 wanita serta anak-anak dibuang.

Peperangan Kalingga ini pun menjadi titik balik spiritual Ashoka. Ia merasa sangat bersalah dengan kematian rakyat-rakyatnya.

Spiritualisme Ashoka
Sebelum terjadi peperangan Kalingga, Ashoka sempat meredam pemberontakan di Ujjayani. Dalam pemberontakan ini, Ashoka terluka cukup parah.

Advertisement

Menurut sejarah, Ashoka mendapat perawatan dari para pemuka agama Buddha. Di Ujjayani inilah Ashoka mengenal agama Buddha.

Kegelisahan batinnya karena perang Kalingga membuat Ashoka teringat dengan ajaran Buddha. Ketika itulah, Ashoka berpindah keyakinan.

Seorang Buddha
Sebagai seorang Buddha, Ashoka digambarkan memiliki perangai lebih tenang. Ketika itu, agama Buddha masih menjadi agama minoritas di India.

Advertisement

Setelah masuk Buddha, Ashoka juga menjadi vegetarian. Sepeninggal Ashoka pada 232 SM di usia 72 tahun, agama Buddha justru semakin menyebar luas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif