Otomotif
Senin, 22 Juni 2015 - 23:45 WIB

AKSESORI MOBIL : Pelek Ringan Berbahan Fiber Bisa Dinikmati Semua Mobil

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelek fiber pada mobil super Koenigsegg One 1. (Worldcarfans.com)

Aksesori mobil berupa pelek akan dibuat semakin ringan dari bahan fiber.

Solopos.com, FRANKFURT – Para produsen mobil dunia tengah mencari cara agar produknya makin efisien. Selain menggarap mesin dan teknologi, mereka juga mulai mencari bahan alternatif untuk pelek supaya lebih ringan, yakni dengan bahan fiber.

Advertisement

Umumnya aksesori mobil berupa pelek ringan dari bahan fiber alias serat karbon hanya dapat dijumpai pada mobil super berperforma tinggi yang hanya dibuat dalam jumlah terbatas, seperti Koenigsegg One 1 dan Agera R.

Akan tetapi perusahaan pemasok pelek untuk mobil super, Maxion Wheels, mengaku sedang bekerja sama dengan perusahaan pengolah serat karbon Thyssen Krupp Carbon Components (TKCC), untuk menciptakan pelek fiber untuk keperluan umum alias mobil produksi massal.

Seperti dilansir laman Worldcarfans, Seni (22/6/2015), dua perusahaan itu telah menandatangani kontrak uji coba dengan perusahaan mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) Group. Tidak sepenuhnya dari fiber, VW meminta pelek ringan itu dibuat dari campuran aluminium dan fiber seperti yang telah mereka riset beberapa tahun terakhir.

Advertisement

“Perjanjian kerja sama dengan Maxion Wheel dan VW Group adalah hal penting bagi kami. Ini membuktikan teknologi pengolahan fiber kami telah matang dan diakui oleh produsen pelek tekemuka dunia serta VW Group,” ungkap Jens Werner, Managing Director TKCC.

Dikutip dari laman Carbuzz, aksesori mobil berupa pelek fiber yang masih berstatus prototipe itu telah diuji pada mobil teranyar VW yang masih dirahasiakan. Produsen otomotif terbesar ke-2 di dunia itu mengaku sangat puas karena pelek itu memiliki bobot yang lebih ringan 40 persen ketimbang pelek berbahan full aluminium.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif