News
Sabtu, 20 Juni 2015 - 06:20 WIB

RAZIA MAKANAN : Tim Pemantau Temukan Tahu Bermethanil Yellow

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jogja mengambil sampel makanan di salah satu warung Terminal Jombor, Jumat (19/6/2015). (JIBI/Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Razia makanan di Sleman, terdapat tahu yang dicampur menggunakan zat berbahaya.

Harianjogja.com, SLEMAN-Ramadan berjalan dua hari sudah ditemukan pedagang makanan yang berbuat curang. Dari hasil pantauan harga barang dan makanan di Pasar Balangan Kecamatan Minggir, ditemukan makanan yang mengandung zat berbahaya.

Advertisement

Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Pasar Sleman, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Sleman, Satpol PP Sleman dan juga Balai POM (BPOM) Jogja, menemukan tahu isi yang dicampur pewarna sintetis Methanil Yellow. Zat berbahaya ini ditemukan dalam kue bolu emprit dan lempeng singkong.

“Pedagang langsung diberi surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi. Kalau pada sidak selanjutnya masih ditemukan maka diberi surat peringatan. Dan jika sampai ketiga kalinya [masih menjual tahu isi menggunakan methanil yellow] maka akan kami cabut ijin penjualannya,” tegas Kepala Dinas Pasar, Tri Indah Yitnani.

Di saat yang bersamaan tim gabungan lainnya dari Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman melakukan pemeriksaan makanan di kawasan Terminal Jombor.

Advertisement

Dalam uji pemeriksaan itu, petugas mengambil sampel makanan basah dan kering di warung makan milik Suwarni, 47. “Yang diambil ada telor goreng, tahu, ampela ati, bandeng dan kerupuk. Sama sedikit nasi dan bakmi,” kata Suwarni usai pemeriksaan.

Sampel-sampel tersebut masih akan dilakukan uji laboratorium oleh petugas. Suwarni meyakini bahwa makanannya bakal lolos uji pemeriksaan. “Saya tidak khawatir karena bahan makanannya aman,” imbuhnya.

Sementara itu Staf Survailens BBTKLPP Mohammad Tarmidzi memfokuskan pemeriksaan untuk makanan basah dan kering. “Pemeriksaan ini untuk antisipasi makanan tercemar atau yang mengandung zat-zat terlarang,” ungkapnya.

Advertisement

Dari hasil pemeriksaan Ramadan tahun kemarin, kebanyakan makanan yang ditemukan mengandung zat berformalin, rodamin, dan boraks. Tarmidzi mengatakan makanan mengandung zat-zat terlarang itu kebanyakan ditemukan dari makanan titipan. Untuk itu BBTKLPP juga akan melakukan pembinaan kepada penjual yang dititipi makanan agar lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dijualnya lagi.

Tim gabungan ini fokus pada warung makan yang berada di pusat arus mudik lebaran. Selain penjual makanan di terminal, tim juga melakukan pemeriksaan di Bandara Adi Sutjipto, dan stasiun.

Kepala Seksi (Kasi) Farmasi dan Makanan Minuman Dinkes Sleman Gunanto mengatakan hasil pemeriksaan bisa diketahui dua minggu lagi. Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan makanan mengandung zat berbahaya maka akan dilakukan pembinaan yang bersangkutan.

“Kalau ditemukan [makanan berbahaya] kami akan koordinasi dengan terminal untuk melakukan pembinaan penjual,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif