News
Jumat, 19 Juni 2015 - 23:10 WIB

RAMADAN 2015 : 4 SD di Inggris Larang Muridnya Puasa Ramadan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ramadan 2015  disambut suka cita oleh seluruh umat muslim. Tapi,hal itu tidak berlaku di empat SD di Inggris yang justru melarang siswa berpuasa.

Solopos.com, LONDON – Empat Sekolah Dasar (SD) di Inggris melarang seluruh muridnya berpuasa selama Bulan Ramadan. Salah satu SD berdalih larangan itu diberlakukan demi kesehatan murid.

Advertisement

Aaron Wright, kepala sekolah Barclay Primary School, London, menjelaskan larangan itu berlaku selama bulan Ramadan untuk seluruh muridnya, baik pemeluk agama Islam maupun non-muslim.

Larangan itu bukan tanpa alasan, sebab tahun lalu ia mendapati beberapa siswanya jatuh sakit setelah menjalankan ibadah puasa. Dengan larangan itu ia berharap murid-muridnya bisa lebih mementingkan kesehatan.

“Memang penting bagi anak-anak muslim usia dini untuk belajar memahami kewajiban dalam lima pilar Islam, termasuk ibadah puasa Ramadan. Tapi kami mendapati banyak murid yang sakit, pingsan, bahkan tidak bisa hadir di sekolah akibat mencoba untuk berpuasa,” ungkap Wright seperti dilansir laman Telegraph, Jumat (12/6/2015).

Advertisement

“Lagi pula berdasarkan penelitian kami, di dalam Islam anak kecil belum diwajibkan untuk berpuasa. Mereka hanya perlu belajar dan baru diwajibkan menjalaninya secara penuh ketika dewasa,” imbuh Wright.

Akan tetapi jika ada muridnya yang tetap ingin berpuasa, Wright mengaku akan mengizinkannya dengan beberapa syarat. Murid dan orang tuanya harus bertemu langsung dengan Wright untuk mendiskusikan cara menjaga kesehatan selama Ramadan dan memberi jaminan agar untuk selalu hadir di sekolah.

Selain Barclay Primary School, tiga SD lain yang melarang muridnya berpuasa selama Ramadan adalah Sybourn Primary School dan Thomas Gamuel Primary School di London serta Brook House Primary School di Tottenham.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif