Jatim
Kamis, 18 Juni 2015 - 21:05 WIB

TAKJIL MASJID SURABAYA : Sehari, Masjid Al Akbar Surabaya Siapkan Takjil 3.000 Porsi

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masjid Al Akbar Surabaya (detik.com)

Takjil masjid Surabaya menjadi agenda rutin setiap bulan Ramadan.

Madiunpos.com, SURABAYA – Panitia Masjid Nasional Al Akbar atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya, menyiapkan 3.000-an takjil setiap hari selama puasa Ramadan. Selain itu, masjid yang berada di kawasan Pagesangan itu juga menyiapkan enam program mengaji kitab kuning.

Advertisement

“Selama puasa ini kita takjil reguler hingga 2000 yang berada di masjid dan sekitarnya. Sedangkan untuk hari Minggu biasanya kita menyiapkan hingga 3.000 takjil,” kata Humas Masjid Al-Akbar Surabaya Helmi M. Noor, Kamis (18/6/2015).

Helmi menambahkan takjil yang dipersiapkan diberikan lima menit menjelang maghrib. Berupa air mineral dan 5 biji kurma. Setelah itu salat maghrib berjamaah dan buka puasa yang sudah dipersiapkan panitia.

“Selain buka puasa, pada 10 malam terakhir kita juga menyiapkan sahur. Biasanya 500 hingga 1.000 tapi pasti berlebih hingga 2.000,” tambahnya.

Advertisement

Sementara program-program yang diberikan selama puasa yakni, pukul 15.30 WIB ngabuburit diisi dengan musik hadrah, nasyid dan lain-lain. Tepat pukul 16.30 WIB, ngabuburit berhenti diganti dengan Ngaji Kitab Kuning Riyadus Sholihin, yang diisi dengan 9 ustadz secara bergantian tiga hari sekali.

Setelah maghrib dan buka puasa, digelar tausiyah dan dilanjutkan tarawih berjamaah dan diteruskan tadarus hingga pukul 23.00 WIB.

“Nah biasanya 10 malam terakhir, masjid kita buka 24 jam karena banyak umat yang beritikaf. Kita mengajak umat untuk salat malam berjamaah sekitar pukul 01.30 WIB dan dilanjutkan sahur,” tambahnya.

Advertisement

Bagi yang ingin meneruskan hingga dhuhur, kata Helmi, umat Islam silahkan beritikaf di masjid.

“Dalam bulan Ramadan, kita juga menggelar pondok Ramadan sehari bagi siswa SMP-SMA saat libur sekolah. Baik personal maupun kolektif. Biasanya diisi dengan mengaji, seminar,” tegasnya.

Advertisement
Kata Kunci : Ramadan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif