Lifestyle
Kamis, 18 Juni 2015 - 18:00 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Kolak Waluh Bantu Stabilkan Gula Darah

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Info hidup sehat mengenai manfaat waluh.

Solopos.com, SOLO – Kolak merupakan salah satu makanan yang kerap disajikan sebagai menu buka puasa di bulan Ramadan. Dari sekian jenis kolak yang ada, kolak waluh merupakan salah satu varian yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang enak, ternyata kolak pun bermanfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Pada bulan Ramadan, beberapa orang yang menderita diabetes merasa cemas saat akan berbuka. Pasalnya, kebanyakan makanan yang disajikan saat berbuka cenderung memiliki rasa manis, seperti kolak. Padahal waluh sebagai salah satu bahan yang kerap dimasak menjadi kolak justru bermanfaat bagi para penderita diabetes.

Dikutip Solopos.com dari laman Boldsky, Kamis (18/6/2015), waluh merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Waluh kaya akan vitamin A dan C, asam folat dan protein. Sedangkan biji waluh kaya akan zat besi dan lemak tak jenuh.

Kandungan vitamin C pada waluh bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah tubuh. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan insulin dalam tubuh. Selain itu, waluh juga kaya akan asam folat turut berperan mengontrol kadar gula darah. Sedangkan biji labu kaya akan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Advertisement

Nah, bagi Anda yang menderita diabetes ada baiknya mencoba makan waluh ini. Akan tetapi, perhatikan pula bentuk penyajiannya. Jika waluh dimasak menjadi kolak, maka perhatikan jumlah gula yang ada di dalamnya. Jangan sampai memasukkan gula secara berlebihan. Mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebih justru memperburuk kondisi Anda. (Chelin Indra/JIBI.Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif