Sport
Rabu, 17 Juni 2015 - 02:25 WIB

POST TEST MOTOGP 2015 : Yamaha Pilih Diam di Garasi, Honda Lakukan Evaluasi

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap Tim Yamaha Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi tak melakukan post test di Barcelona. Ist/dapurpacu.com

Post Test MotoGP 2015 yang biasanya dilakukan tim balap seusai bertanding, tak dilakukan oleh tim Yamaha. Mereka memilih berdiam di garasi.

Solopos.com, BARCELONA—Tak semua tim MotoGP ambil bagian dalam post test yang berlangsung di Circuit de Barcelona Catalunya, Spanyol, Senin (15/6/2015). Salah satunya adalah Yamaha yang memilih berdiam diri di garasi lantaran hujan deras yang mengguyur lintasan.

Advertisement

Sebenarnya duo pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, dijadwalkan akan menjajal framework baru. Sayang, mereka harus menunda tes baru dan memilih ke Aragon untuk melakoni tes ban anyar Michelin dan tes privat bersama Bridgestone.

“Kami memilih untuk tak turun karena cuaca buruk. Padahal kami berencana akan mencoba sasis baru agar bisa tampil lebih apik ketika melewati tikungan. Kami berangkat ke Aragon sehingga masih memiliki cukup waktu untuk menjajal komponen baru,” kata manajer Yamaha, Massimo Meregalli, dilansir Speed Week, Selasa (16/6/2015).

Sementara itu, Honda memanfaatkan tes ini untuk melanjutkan evaluasi mereka soal ban belakang dan peranti elektronik motor lainnya. Dalam seri ketujuh yang berlangsung di Catalunya, Minggu (14/6/2015), hanya Dani Pedrosa yang mampu finis dan naik podium ketiga. Sedangkan Marc Marquez kembali gigit jari setelah terjatuh di lap awal.

Advertisement

Marquez memang memiliki masalah saat melewati tikungan dengan motor RC213V sejak awal musim ini. Terutama dengan slide ban belakang yang membikin juara bertahan MotoGP itu gagal finis sebanyak tiga kali.

Di Catalunya ia menjajal sasis motor 2014 yang kemungkinan akan digunakan di GP Belanda, Sabtu (27/6/2015). Saat tes pramusim Februari lalu ia mencoba tiga jenis motor, yakni motor 2014, versi tes Valencia 2015, dan motor terbaru 2015. Motor ketiga menjadi pilihan Marquez yang ia pakai di musim ini.

“Ini bukan hanya sasis lama, tapi satu paket. Sasis lama dengan lengan ayun baru termasuk knalpot anyar. Saya kira ini berjalan dengan apik. Dengan motor anyar saya justru membuat kesalahan lebih banyak,” ungkap Marquez.

Advertisement

Hal ini berbeda dengan Pedrosa yang memilih menggunakan sasis lain daripada yang lama. Rekan Marquez itu hendak mencoba peranti elektronik baru pada motornya. Namun demikian, tak banyak yang bisa Honda lakukan menyusul aturan pembekuan pengembangan mesin untuk tim pabrikan di musim ini.

“Kami tak bisa menjajal banyak hal baru, tapi itu memungkinkan jika tes ini berlangsung dalam kondisi kering. Yang harus kami lakukan adalah bekerja keras. Para mekanik kami mesti melakukannya,” jelas Pedrosa. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif