Entertainment
Selasa, 16 Juni 2015 - 19:15 WIB

ABAD KEJAYAAN ANTV : Fakta Kisah Cinta Antara Bali Bey, Esmehan, dan Mihrima

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemeran Bali Bey (Weheartit.com)

Abad Kejayaan Antv menjadi salah satu tontonan yang tengah digemari pencinta serial Turki.

Solopos.com, SOLO — Nama tokoh Bali Bey dalam serial Muhtesem Yuzyil atau Abad Kejayaan Antv menjadi salah satu karakter yang cukup menarik. Pasalnya, dalam serial Turki tersebut, Bali Bey digambarkan sebagai pria gagah dan seolah-olah memiliki jalinan khusus dengan anak Hurrem, Mihrima, serta sempat akan menikah dengan Esmehan, anak Putri Sah.

Advertisement

Dalam sejarah Ottoman, Bali Bey tercatat bernama lengkap Yahyapasazade Malkocoglu Bali Bey atau Malkocoglu Bali Bey. Sebagaimana  Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Selasa (16/6/2015), Bali Bey lahir pada 1495 dan meninggal sekitar 1548.

Sebagaimana dalam serial Abad Kejayaan Antv, Bali Bey adalah seorang prajurit Ottoman di bawah pemerintahan Suleiman. Puncak kariernya sebagai prajurit Ottoman adalah ketika ia menangani Pertempuran Mohacs pada 1526.

Tak seperti dikisahkan di serial televisi, dalam catatan sejarah Ottoman, belum ada sumber yang menjabarkan tentang kehidupan pribadinya. Dalam sejarah, ia tidak tampak dicitrakan dekat dengan wanita. Identitas istrinya pun belum tercantum dalam sejarah Turki. [Baca: Catatan Sejarah: Prestasi Ibrahim Pasha di Kerajaan Ottoman]

Advertisement

Apabila ditarik garis kekeluargaan, sosok Bali Bey sendiri sebenarnya masih masuk sebagai anggota dinasti kerajaan, karena ia adalah anak dari Malkocoglu Yaya Pasha. Ayahnya tersebut pernah menjabat perdana menteri dan menikahi putri Bayezid II. Maka, sebenarnya Bali Bey adalah cucu dari Bayezid II yang memimpin Ottoman pada periode 3 Mei 1481 hingga 26 Mei 1512.

Mihrima dan Bali Bey
Tidak ada sejarah yang menceritakan kisah cinta Mihrima dan Bali Bey. Mihrima tercatat hanya menikah dengan Damat Rustem Pasha. Pernikahan tersebut menghasilkan tiga anak, yaitu Ayse Humasah Sultan, Sultanzade Murad Bey, dan Sultanzade Mehmed Bey. [Baca: Catatan Sejarah: Mitos Percintaan Mihrima dan Mimar Sinan]

Di Kerajaan Ottoman pun, Mihrima menjadi salah satu tokoh wanita yang berpengaruh. Ia menjadi The Valide Sultan atau Ibu Suri saat sang adik, Selim II menggantikan kedudukan sang ayah, Suleiman.

Advertisement

Esmehan dan Bali Bey
Dalam serial Abad Kejayaan Antv, Esmehan Bahrnaz Sultan diceritakan sempat akan menikah dengan Bali Bey. Namun, pada kenyataannya, Esmehan dikisahkan dalam sejarah Ottoman jatuh cinta dengan putra pertama Hurrem, Mehmed. [Baca: Catatan Sejarah: Fakta Pemberontakan dan Eksekusi Mati Putra Hurem]

Esmehan dan Mehmed pun menikah dan mereka dikaruniai seorang putri bernama Humasah Sultan. Dalam sejarah pun, tidak diceritakan tentang percintaan Esmehan dengan Bali Bey. Sepeninggal Mehmed pada 1543, Esmehan tercatat tidak menikah lagi dan lebih memilih tinggal bersama ibunya, Sah Sultan—adik Suleiman yang kerap disapa Putri Sah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif