News
Senin, 15 Juni 2015 - 11:25 WIB

WISUDA IPDN : Ini Pesan Jokowi saat Melantik 1.974 Lulusan IPDN

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Praja IPDN dilantik oleh Presiden Jokowi hari ini.

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 1.974 wisudawan Pamong Praja Muda Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXII 2015 resmi dilantik, Senin (15/6/2015), di Jatinangor Jawa Barat. Pelantikan Praja IPDN dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Advertisement

Pada kesempatan itu, Jokowi meminta para Pamong Praja harus mampu melayani rakyat bukan sebaliknya minta dilayani.

Dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi Presiden, Jokowi menyatakan revolusi mental untuk membangun jiwa bangsa akan bisa berhasil jika didukung dua hal pokok.

Pertama, komitmen dan ketauladan para pemimpin dan seluruh aparatur negara. Aparatur negara harus bisa menjadi contoh dari perubahan dan pembangunan karakter bangsa dalam masyarakat.

Advertisement

Kedua, revolusi mental harus bisa menjadi sebuah gerakan kolektif rakyat yang melibatkan partisipasi seluruh rakyat. Rakyat harus menjadi bagian dalam revolusi mental.

Presiden menaruh harapan besar kepada pamong praja muda sebagai aparatur negara agar bisa menjadi pelopor pembangunan jiwa bangsa.

“Ini sesuai dengan pernyataan Bung Karno tentang Nation and Character Building bahwa membangun suatu negara, membantu ekonomi, membangun teknik, membangun pertahanan adalah pertama-tama dan tahap utamanya membangun jiwa bangsa,” kata dia.

Advertisement

Dengan kata lain, menurut  Jokowi, membangun suatu negara bukanlah semata-mata pembangunan fisik yang sifatnya material namun sesungguhnya membangun jiwa bangsa.

”Bahkan keberlangsungan hidup suatu bangsa ditentukan oleh kemampuan menjaga jiwa bangsa,” kata Presiden.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif