Lifestyle
Minggu, 14 Juni 2015 - 04:45 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Waspada, Kolam Renang Berpotensi Sebarkan Penyakit

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Antisipasi penyakit bisa dilakukan dengan selalu waspada di mana saja, termasuk di kolam renang.

Solopos.com, SOLO – Bagi sebagaian orang, berenang adalah aktivitas yang menyenangkan. Selain bisa menghilangkan penat, berenang pun mampu menyehatkan tubuh serta mengurangi berat badan. Akan tetapi, kolam yang Anda gunakan untuk berenang itu justru bisa berbahaya bagi tubuh?

Advertisement

Dilansir laman Healthmeup, Jumat (5/6/2015), kolam renang di tempat rekreasi adalah habitat utama bagi kuman penyebab penyakit. Para peneliti di Centers of Diseases Control and Prevention alias Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat, mengatakan bahwa penyakit yang paling rentan dialami pengguna kolam renang di taman rekreasi adalah Recreational Water Illnesses (RWIs).

Penyakit tersebut disebabkan oleh kuman yang tersebar melalui mulut akibat bernapas maupun menelan air kolam. Gejala RWIs itu meliputi infeksi saluran pernapasan, alergi kulit, telinga, mata, serta beberapa penyakit menular. Akan tetapi, penyakit yang paling sering diderita pemakai kolam renang adalah diare.

Hasil studi itu menunjukkan bahwa hanya dengan menambahkan klorin ke dalam air kolam tidak cukup untuk membasmi kuman. Bahkan, beberapa kuman dalam kolam renang sudah kebal terhadap zat tersebut.

Advertisement

Nah, untuk tetap bisa berenang dengan nyaman, maka perhatikanlah kondisi kolam renang yang akan dikunjungi. Di samping itu, Anda juga harus memerhatikan kondisi tubuh. Jangan sampai Anda berenang di saat tubuh sedang tidak fit. Sebab, berenang dalam kondisi tidak fit bukan hanya memperburuk kesehatan. Nekat berenang saat sakit juga bisa menularkan penyakit yang Anda derita kepada orang lain.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Info Hidup Sehat
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif