News
Minggu, 14 Juni 2015 - 15:15 WIB

HARI SANTRI NASIONAL : PBNU Minta Hari Santri 22 Oktober, Bukan 1 Muharam

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Said Aqil Siradj (Dok/JIBI/Antara)

Hari Santri Nasional yang pernah dijanjikan Jokowi kembali ditagih oleh Nahdlatul Ulama.
?
Solopos.com, JAKARTA — Nahdlatul Ulama (NU) kembali mengungkapkan usulan penetapan Hari Santri Nasional setiap 22 Oktober kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usulan tersebut disampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj dalam pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama NU dan Istigasah Menyambut Ramadan 2015 (1436 H) di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (14/6/2015).

Advertisement

“Kepada Bapak Presiden secara langsung kami minta Hari Santri Nasional 22 Oktober saat santri-santri dan dai-dai melawan pasukan NICA yang dipimpin Mallaby di Surabaya,” ujarnya, Minggu (14/6/2015).
?
Said Aqil Siraj mengatakan momen tersebut menandakan gerakan perjuangan para santri dan merupakan langkah awal terjadinya revolusi November yang diperingati sebagai Hari Pahlawan setiap 10 November. Usulan tersebut telah cukup lama diungkapkan PBNU, setidaknya sejak awal Jokowi menjabat sebagai Presiden ?pada November 2014.
?
Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi menjawab langsung usulan tersebut. Presiden Jokowi memaparkan bahwa Hari Santri Nasional belum ditetapkan lantaran usulan yang bervariasi masih dalam kajian.

“Karena usulan harinya macam-macam. Pak tanggal 1 Muharram saja, ngih saya masukan dalam usulan. Datang pesantren lain, usul tanggal lain. Tadi Pak Kiai [Said Aqil Siraj] usul 22 Oktober. Biasanya usulan kiai manjur,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengaku telah berdiskusi langsung dengan Menteri Agama dan menginstruksikan agar proses kajian segera diselesaikan supaya Hari Santri Nasional segera ditetapkan.? “Segera diproses, semua setuju, masuk ke meja saya, saya tanda tangani. Ini belum sampai ke meja saya,” pungkasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif