Soloraya
Sabtu, 13 Juni 2015 - 07:00 WIB

SOLO BATIK CARNIVAL 2015 : Solo Kembali Berpesta Batik, Nonton?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gladi resik Solo Batik Carnival (SBC) 2015 di Sriwedari, Solo, Jumat (12/6/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Solo Batik Carnival 2015 digelar Sabtu sore ini.

Solopos.com, SOLO — Warga Soloraya akan kembali berpesta dengan menikmati pergelaran Solo Batik Carnival (SBC) di Stadion Sriwedari dan di Jl. Slamet Riyadi dan Jl Jenderal Sudirman Solo, Sabtu (13/6/2015) sore ini. Solo Batik Carnival 2015 ini adalah gelaran SBC kedelapan.

Advertisement

Sekitar 600 peserta SBC 8 akan tampil menyuguhkan pertunjukan dengan tema Mancavarna. Acara tahunan ini rencananya dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya. Pada Jumat (12/6/2015) sore, ratusan peserta SBC 8 mengikuti geladi bersih di Stadion Sriwedari. Mereka berlatih jalan untuk kirab dan koreografi dengan iringan lagu dari para pemain musik.

Sinergi Travel & Event Management Graha Solo Raya Lantai I. Jl Slamet Riyadi No 1 Solo- Jateng Telp +62-271) 5843678 – 2144388. HP 085 70268 6068 Fax +62 271 635936 www.solocitytravelguide.com. Email info@solocitytravelguide.com marketing@solocitytravelguide.com

Mereka berlatih berbaris mulai dari kelompok Putih yang dilambangkan buta, Kuning (naga), Merah (kelabang), dan Hitam (babi hutan).

Advertisement

Menurut Direktur Artistik SBC 8, Ragowo Ade Kurniawan, saat kirab di Jl. Slamet Riyadi, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo akan memimpin rombongan dengan mengenakan kostum Jatayu yang merupakan simbol pancer (titik pusat) dari empat kiblat atau empat warna. Setelah itu, disusul Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Ketua DPRD Teguh Prakosa, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo Enny Tyasni Suzana.

Setelah itu diikuti rombongan peserta SBC 8 yang masing-masing dipimpin truk kontainer yang membawa para pemusik. Lalu peserta SBC yang diiringi perwakilan penari yang berasal dari siswa SMA dan SMK, delegasi dari Kabupaten Nganjuk, dan peserta SBC tahun-tahun sebelumnya.

Saat kirab, ada tiga lokasi atraksi yakni di Perempatan Ngapeman, Perempatan Nonongan, dan di Jl. Jenderal Sudirman. Ketika atraksi, para penari yang mendampingi peserta SBC akan menjadi pagar agar para penonton di tepi jalan raya tidak mendekati peserta. Mereka akan diberi waktu tampil selama 3,5 menit di masing-masing lokasi atraksi.

Advertisement

”Total peserta saat kirab bisa mencapai 700 orang termasuk sukarelawan yang akan mendampingi para peserta. Sedangkan pembukaan diadakan di Stadion Sriwedari pada pukul 15.00 WIB hingga Rp16.00 WIB dengan sajian tari kolosal untuk memberikan maksud empat kiblat lima pancer tersebut,” katanya saat ditemui Solopos.com di sela-sela geladi bersih, Jumat.

Para penari yang mengisi tari kolosal akan mengenakan kostum sesuai masing-masing warna dengan body painting. ”Kami telah mempersiapkan SBC ini mulai Desember 2014 yang didahului dengan riset untuk menentukan kostum dan temanya. Kami berharap acara besok [Sabtu] bisa berjalan lancar. Malam ini [Jumat] kami mengadakan tumpengan dan doa bersama,” imbuh Ade.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif