Sport
Sabtu, 13 Juni 2015 - 18:15 WIB

KUALIFIKASI EURO 2016 : Prediksi Gibraltar VS Jerman: Mangsa Empuk Tim Panser

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kualifikasi Euro 2016 menghadirkan laga Gibraltar menjamu Tim Panser Jerman di Grup D.

Solopos.com, FARO — Jerman enggan berandai-andai mengulang pesta gol ke gawang Gibraltar dalam lanjutan kualifikasi Euro 2016 Grup D, Minggu (14/6/2015) dini hari WIB. Namun, tetap saja Tim Panser, julukan Jerman, diunggulkan di laga ini.

Advertisement

Gibraltar memang menjadi lawan empuk untuk tim mana pun di fase kualifikasi Grup D. Hal itu jika melihat apa yang mereka alami sejauh ini. Gibraltar selalu kalah dalam lima pertandingan dan kebobolan total 27 gol. Sementara itu dari sisi produktivitas, keluarga baru Euro itu baru mencetak satu gol ke gawang lawan.

Empat dari seluruh gol yang merobek gawang Gibraltar dilesakkan pemain-pemain Jerman dalam pertemuan pertama kedua tim, November 2014 lalu. Saat itu, Jerman yang bermain sebagai tuan rumah di Grundig-Stadion, Nurnberg, memetik kemenangan empat gol tanpa balas. Namun, skor itu tak lebih baik dibandingkan torehan Polandia dan Republik Irlandia, yang masing-masing mengukir kemenangan 7-0 atas lawan yang sama. Dua pesaing lain di Grup D, Skotlandia dan Georgia, tak ketinggalan mengemas hasil impresif 6-1 dan 3-0 atas Gibraltar.

Melihat fakta itu, hanya keajaiban yang bisa mencegah pesta gol Tim Panser ketika melawan anak asuh David Wilson akhir pekan ini. Bahkan meski Jerman membawa bekal kekalahan 1-2 dari Amerika Serikat di laga terbaru, Kamis (11/6/2015), tak ada keraguan Bastian Schweinsteiger dkk. akan menang mudah dan memetik tiga poin penting dalam duel yang akan dilangsungkan di di Estadio Do Algarve, Faro, Portugal, itu.

Advertisement

Namun, Jerman memilih berhati-hati. Terlebih, Tim Panser tidak akan diperkuat sejumlah pilar mereka. Jerman tak akan bisa memainkan Manuel Neuer, Thomas Mueller, dan Marco Reus yang justru tengah diberikan libur jeda kompetisi. Lagipula, skuat Joachim Loew membutuhkan kemenangan demi mengamankan posisi kedua klasemen atau justru membuka peluang mendongkel Polandia di posisi teratas klasemen grup.

Jerman bertengger di urutan kedua klasemen Grup D dengan 10 poin dari lima laga. Kampiun Piala Dunia 2014 itu tertinggal satu angka dari Polandia dan hanya mengantongi keunggulan head to head atas Skotlandia di peringkat ketiga.

“Kami tak boleh memandang enteng Gibraltar. Kami berharap tampil bagus  dalam pertandingan ini namun tim mungkin harus menghadapi lawan yang lebih banyak bertahan,” ujar Kapten Jerman, Bastian Schweinsteiger, dilansir sports.yahoo.com, Jumat (12/6).

Advertisement

Tim Panser diragukan memainkan Jerome Boateng terkait masalah kebugaran. Sebagai gantinya, Pelatih Jerman, Joachim Loew, diyakini akan memasang duet Shkodran Mustafi dan Antonio Rudiger di jantung pertahanan. Di posisi kiper, Ron-Robert Zieler besar kemungkinan kembali tampil di bawah mistar gawang setelah sebelumnya juga diturunkan dalam pertandingan uji coba melawan Amerika Serikat, Kamis.

Meski begitu, Gibraltar bakal tampil berbeda, akhir pekan ini. Keberadaan David Wilson sebagai manajer menyebabkan adanya sejumlah perubahan dalam strategi tim. Manajer 41 tahun itu bakal lebih memilih Jordan Perez sebagai kiper. Selain itu, tim akan bermain dengan formasi 5-4-1 dengan Jack Sergeant dan Roy Chipolina ditarik ke belakang dan dipasang di jantung pertahanan bersama Ryan Casciaro.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif