Soloraya
Sabtu, 13 Juni 2015 - 00:50 WIB

JAVA EXPO 2015 : Peserta Pameran Dapat Berkah dari Tamu Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu peserta Java Expo 2015, Anna Amelia, menunjukkan kain batik kepada salah satu pengunjung di kompleks Benteng Vastenburg, Jumat (12/6/2015). (JIBI/Solopos/Shoqib Angriawan)

Java Expo 2015 digelar di Benteng Vastenberg, Rabu-Minggu (10-14/6/2015).

Solopos.com, SOLO—Pernikahan putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming? Raka dengan Selvi Ananda, ikut membawa berkah bagi peserta pameran Java Expo 2015. Pendapatan peserta pameran melonjak seiring banyaknya tamu presiden yang mampir dalam event yang digelar di Benteng Vastenburg, Rabu-Minggu (10-14/6/2015).

Advertisement

Salah satu peserta Java Expo 2015, Anna Amelia, mengatakan pembeli paling ramai terjadi usai pembukaan pameran. “Pembeli lumayan banyak saat pembukaan, dari tamu-tamu Pak Presiden Jokowi (Joko Widodo), seperti dari Kementrian Perdagangan maupun Dinas Pariwisata. Kalau saat ini banyak masyarakat, pegawai PNS dan swasta. Saat istirahat kerja, sering mampir,” ujarnya saat ditemui wartawan di lokasi, Jumat (12/6/2015).

Pemilik Batik Joyodipo Solo itu menerangkan pakaian bolero batik cacah sobek menjadi produk yang paling laris diburu tamu presiden. Selain itu, kain batik tulis dan printing juga menjadi incaran pengunjung. Produknya dijual dengan harga mulai Rp70.000-Rp1,2 juta.

Hingga hari ketiga pameran, omzet penjualannya telah mencapai Rp10 jutaan. Selain itu, dia juga telah menerima orderan pakaian batik dari pengunjung.
Anna mengaku pameran tersebut sangat efektif. Apalagi, pameran bertepatan dengan event ngunduh mantu presiden. “Event-event ini lebih efektif, apalagi pas bertepatan dengan Pak Jokowi mantu. Biasanya kalau jual di gerai omzetnya enggak nyampai segitu,” urainya.

Advertisement

Lonjakan omzet juga dirasakan oleh peserta pameran dari Batam yang menawarkan kerajinan dari kain flannel. Pemilik Lia Craft, Dori Natalia, mengaku cukup banyak tamu Presiden Jokowi yang membeli produk miliknya.

“Tamu dari Pak Jokowi lumayan banyak, bahkan dari kementerian kemarin juga ada yang membeli untuk diambil sampel. Lumayan omzetnya lebih banyak ketimbang enggak ikut pameran,” katanya kepada wartawan di lokasi, Jumat.
Menurutnya, pameran tersebut sangat bermanfaat karena bisa menambah partner dan relasi baru. “Biasanya saya juga membeli bahan flannel dari Solo. Selama ini baru lewat online, ini mau mencoba beli langsung ke tokonya,” imbuhnya.

Sementara, peserta pameran asal Wonosobo, Yuasa Food Indonesia juga merasakan yang sama. “Saat pembukaan pameran, sangat banyak tamu Pak Jokowi yang hadir, paling laris carica,” kata salah satu karyawan, Sidik Prayitno, kepada solopos.com di lokasi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif