News
Jumat, 12 Juni 2015 - 23:30 WIB

PENEMUAN BARU : Mahasiswa UGM Temukan Obat Osteoporosis

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hari Osteoporosis Nasional 2015 di Surabaya, Minggu (25/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

Penemuan baru muncul dari kampus UGM. Sekelompok mahasiswa menemukan obat untuk pengeroposan tulang (osteoporosis).

Solopos.com, JAKARTA — Tingginya kandungan kalsium pada cangkang kerang darah ternyata mampu dimanfaatkan lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gajah Mada (UGM). Mereka menjadikan cangkang tersebut bahan untuk obat terapi penderita osteoporosis.

Advertisement

Kelima mahasiswa tersebut adalah Nabila Syarifah Jamilah, Istianah Maryam Jamilah, Aprilia Maharani, Pras Setya, dan Ariska Devy. Mereka melakukan penelitian cangkang kerang darah dibawah bimbingan dosen FKH Devita Anggraeni.

“Proses pembuatannya sederhana yaitu cangkang kerang yang kami peroleh dari sejumlah rumah makan di Jogja di oven pada suhu 110ºC selama 8 jam kemudian dihaluskan menjadi bentuk serbuk halus,” terang Nabila dalam rilisnya.

Selanjutnya serbuk cangkang kerang darah tersebut diujikan pada tulang femur tikus berjenis Sprague Dawley. Dari pemberian serbuk selama dua bulan menunjukkan adanya kepadatan tulang yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dilihat dari intensitas sinar X yang diserap oleh tulang.

Advertisement

Sedangkan dari pembacaan radiografi juga menunjukkan tikus yang telah diinduksi osteoporosis sebelumnya kemudian diberi serbuk cangkang kerang darah. Pembacaan ini menunjukkan adanya penyembuhan dari osteoporosis yang sangat baik.

Aprilia juga mentakan dengan adanya kajian pre-klinis pada tikus ini membuktikan bahwa kalsium pada cangkang kerang darah dapat diserap dan membantu mengurangi resiko osteoporosis. Kendati demikian Aprilia mengaku kedepannya masih diperlukan penelitian lanjutan yakni Scanning Electron Microscope (SEM).

“Harapannya nantinya bisa membantu para penderita osteoporosis dan mendapatkan sumber kalsium alternatif yang mudah, murah dan efisien bagi penderia osteoporosis,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif