Lifestyle
Kamis, 11 Juni 2015 - 06:40 WIB

TIPS KECANTIKAN : Kebiasan Ini Bikin Wajah Berjerawat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jerawat (Dok)

Tips kecantikan menghindari jerawat di wajah salah satunya dengan cara rajin mengganti sarung bantal.

Solopos.com, SOLO – Timbulnya jerawat di wajah biasanya akan menimbulkan noda hitam yang membuat penampilan seseorang menjadi kurang menarik. Banyak hal yang menyebabkan timbulnya jerawat, seperti kulit wajah yang terlalu berminyak, polusi, sampai pada perubahan hormon di tubuh.

Advertisement

Ternyata berbagai macam kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari pun memicu timbulnya jerawat. Nah, apa saja bentuk kebiasaan yang dapat menimbulkan jerawat? Mari cari tahu lebih lanjut.

Dilansir laman Boldsky, Jumat (5/6/2015), berikut adalah bebebrapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menimbulkan jerawat.

Advertisement

Dilansir laman Boldsky, Jumat (5/6/2015), berikut adalah bebebrapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menimbulkan jerawat.

Jarang Ganti Sarung Bantal

Kulit wajah biasanya akan memproduksi lebih banyak minyak saat Anda tidur. Nah, minyak tersebut tentu akan menempel pada sarung bantal. Lama-kelamaan sarung bantal tersebut akan menumpuk minyak dan kotoran.

Advertisement

Jarang Keramas

Rambut yang kotor dan berminyak juga berisiko tinggi menyebabkan jerawat. Rambut yang kotor mengandung banyak kotoran dan bakteri. Rambut yang digerai dan menempel di wajah tersebut akan mentransfer bakteri, sehingga jerawat akan segera timbul.

Oleh karena itu, cucilah rambut Anda. Terlebih jika rambut Anda berketombe. Mencuci rambut secara rutin bisa meminimalkan tumbuhnya jerawat di wajah.

Advertisement

Sering Minum Kopi

Meminum kopi dalam jumlah yang berlebih berisiko tinggi menyebabkan jerawat. Kopi dapat menyebabkan produksi minyak yang berlebihan di kulit. Oleh sebab itu, kurangilah konsumsi kopi Anda. Minumlah kopi maksilah tiga gelas dalam sehari.

Telepon Genggam Kotor

Advertisement

Para ahli mengatakan bahwa telepon genggam mengandung lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet. Telepon yang kerap Anda genggam itu berisiko tinggi menyebabkan jerawat.

Oleh sebab itu, biasakan mengelap telepon genggam Anda sebelum menempelkannya ke telinga untuk melakukan panggilan. Hal yang tak kalah penting adalah biasakan membersihkan tangan. Sebab, tangan adalah sumber penularan berbagai macam bakteri penyebab penyakit.

Sering Mencuci Muka

Seseorang yang memiliki wajah berminyak bisanya kerap mencuci wajahnya. Hal itu dimaksudkan untuk menghilangkan minyak pada wajahnya. Padahal, terlalu sering mencuci wajah justru tidak dibenarkan. Sebab, sabun cuci muka yang ia kerap pakai mengandung berbagai macam bahan kimia yang berisiko merusak kulit.

Selain itu, terlalu sering mencuci wajah juga akan menghilangkan kandungan minyak alami di kulit. Hilangnya kandungan minyak alami tersebut akan menyebabkan kulit teriritasi dan memicu timbulnya jerawat. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif