News
Kamis, 11 Juni 2015 - 17:30 WIB

PERNIKAHAN GIBRAN-SELVI : 18 Pesawat Pribadi Parkir, Bandara Adi Soemarmo Mendadak Sesak

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi maskapai penerbangan (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Pernikahan Gibran-Selvi dihadiri banyak pejabat negara yang sebagian menggunakan pesawat pribadi atau sewaan.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 18 pesawat pribadi dan pesawat carter milik tamu yang datang ke pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, menempati tempat parkir pesawat Bandara Adi Soemarmo. Kebanyakan, pengguna pesawat pribadi adalah pejabat negara dan petinggi partai politik.

Advertisement

Quality Management and Customer Sevice PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Rini Sri Rahayu, menyampaikan ada 23 pesawat carter yang mendarat di Solo tapi hanya 18 pesawat yang diparkir di apron bandara. Dia mengatakan pejabat yang menggunakan pesawat carter adalah Megawati Soekarno Putri, Susi Pudjiastuti, Surya Paloh, Aburizal Bakrie, dan lainnya.

“Operating hours dilakukan selama 24 jam pada Rabu-Jumat [10-12/6/2015]. Pesawat carter tersebut mulai datang sejak semalam [Rabu malam] tapi kebanyakan di hari ini [Kamis] untuk kedatangan pagi dan siang karena malanya kan jagong di tempat Pak Jokowi,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (11/6/2015).

Menurut dia, kebanyakan pejabat negara tersebut langsung kembali ke Jakarta seusai menghadiri resepsi. Dia menjelaskan meski apron Bandara Adi Soemarmo mampu menampung seluruh pesawat tersebut. Hal ini karena pesawat carter yang digunakan berbadan kecil yang memiliki kapasitas 10 kursi-12 kursi.

Advertisement

“Parkir bandara luas, satu parking stan mampu menampung enam pesawat sampai delapan pesawat kecil sehingga tidak ada masalah untuk itu,” ujarnya.

Dia mengatakan selama tiga hari ini pun pengamanan ditingkatkan dengan menambah personel polisi yang berjaga mengingat banyak tamu penting yang mendarat di bandara tersebut. Sementara itu, General Manager Branch Office Garuda Indonesia Solo, Supriyono, menyampaikan selama tingga hari menggunakan Airbus 330 seri 300, rata-rata load factor mencapai lebih dari 95% dari total 257 kursi yang disediakan.

“Rabu-Kamis [10-11/6/2015] kebanyakan penumpang itu inbond [masuk ke Solo] sedangkan pada Jumat [12/6] kebanyakan outbond. Kebanyakan penumpang merupakan tamu Pak Jokowi, kalau pejabat negara kebanyakan tiba di Solo hari ini [Kamis],” terang Supriyono.

Advertisement

Menurut dia, tingginya permintaan ini selain karena tamu Presiden juga bersamaan dengan pelaksanaan tradisi nyadran. Namun dia mengatakan hingga saat ini belum ada rencana perpanjangan pengoperasionalan pesawat Airbus tersebut. Dia menyampaikan pada Sabtu-Minggu (13-14/6/2015) permintaan tinggi tapi masih mampu ditampung dengan pesawat jenis Boeing 737.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif