Jateng
Kamis, 11 Juni 2015 - 05:50 WIB

LEBARAN 2015 : Dinkes Jateng Mulai Siapkan Posko Kesehatan Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Lebaran 2015 tidak lama lagi. Dinkes Jateng sudah mulai menyiapkan posko.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Dinas Kesehatan Jawa Tengah mulai menyiapkan posko kesehatan di jalur mudik menjelang Lebaran 2015 sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Advertisement

“Titik-titik posko kesehatan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya dan menyesuaikan dengan posko-posko lain,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo di Semarang, Selasa (9/6/2015).

Menurut dia, posko kesehatan akan didirikan di semua jalur mudik, termasuk di titik jalur pantai utara, pantai selatan, dan jalur selatan-selatan.

Selain menyiapkan posko kesehatan, Dinkes Jateng juga berencana melakukan operasi makanan di pasaran guna mengantisipasi adanya peredaran makanan yang kedaluwarsa menjelang Lebaran.

Advertisement

“Dalam pelaksanaan operasi makanan tersebut, kami akan bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan setempat,” ujarnya.

Ia berpendapat bahwa operasi makanan perlu digelar karena biasanya permintaan dari masyarakat akan meningkat menjelang Lebaran.

“Kami mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam memilih makanan, terutama pada menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran, sebab pada saat-saat seperti ini banyak beredar makanan yang ilegal serta tidak memenuhi berbagai persyaratan,” katanya.

Advertisement

Secara khusus, kata dia, jajaran Dinkes Jateng akan mewaspadai penyebaran penyakit Malaria selama arus mudik Lebaran berlangsung di pelabuhan.

“Kami akan melakukan ‘screening’ secara acak pada penumpang kapal, terutama yang dari Indonesia bagian timur,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif