Jogja
Kamis, 11 Juni 2015 - 14:20 WIB

KEMARAU 2015 : BPBD Jogja Waspadai Potensi Kekeringan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Kemarau 2015 di Jogja, BPBD mewaspadai potensi kekeringan

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jogja akan tetap mewaspadai potensi kekeringan yang terjadi di wilayah tersebut saat musim kemarau.

Advertisement

“Kota Jogja belum pernah mengalami kekeringan hebat sampai saat ini. Namun kami tetap perlu mewaspadai kemungkinan itu,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Agus Winarto, Rabu (10/6/2015).

Menurut dia, kondisi alam Kota Jogja yang berada di daerah cekungan memungkinkan wilayah tersebut memiliki cadangan air yang cukup sehingga Jogja tidak akan mengalami kekeringan.

Meski demikian, lanjut dia, BPBD Kota Jogja siap membantu masyarakat yang membutuhkan air dan mendukung peran PDAM Tirtamarta sebagai instansi pemerintah yang menyediakan air bersih guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Advertisement

“Air adalah kebutuhan dasar masyarakat dan pemerintah daerah wajib menyediakannya. Bagaiamapun caranya harus diusahakan,” katanya.

Beberapa lokasi yang menjadi fokus pantauan dari BPBD Kota Jogja karena berpotensi mengalami kekurangan air bersih di antaranya adalah di Miliran.

“Masyarakat di wilayah tersebut pernah mengeluh air sumur mereka menyusut saat kemarau. Beberapa wilayah lain yang mengeluhkan kondisi serupa juga akan menjadi pantauan kami,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kekeringan Di Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif