Entertainment
Kamis, 11 Juni 2015 - 21:45 WIB

K-POP : K-Pop Mulai Terimbas Virus MERS

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Victoria Fx mengunggah foto menggunakan masker (Kpopstarz.com)

K-Pop mulai terimbas dengan penyebaran virus MERS yang melanda Korea Selatan.

Solopos.com, SEOUL – Kekhawatiran warga Korea Selatan pada penyebaran penyakit MERS (Middle East Respiratory Syndrome) berimbas ke berbagai sektor. Industri hiburan pun ikut was-was menyusul meningkatnya jumlah penderita di negara setempat.

Advertisement

Seperti diberitakan Kpopstarz, Korea Selatan menjadi negara kedua dengan jumlah penderita tertinggi di dunia. Hingga Selasa (9/6/2015), 95 orang dinyatakan positif terjangkit MERS dan tujuh di antaranya meninggal dunia akibat virus yang menyerang saluran pernafasan tersebut. Saat ini terdapat 2.800 orang yang dikarantina karena terindikasi mengidap MERS.

Untuk mencegah tertular penyakit, sejumlah warga Negeri Gingseng, termasuk di antaranya pesohor K-pop, mengenakan masker saat keluar rumah. Beberapa bintang pop seperti personel Super Junior, Royal Pirates, Super Junior-M, Fx, g.o.d, Cross Gene, hingga T-ara, memamerkan foto selfie mereka saat mengenakan masker.

Ketakutan juga menghantui penyelenggara pertunjukan di ruang publik. Pihak managemen yang menaungi boy group BTS, membatalkan acara temu penggemar bertajuk BTS FESTA yang dijadwalkan Sabtu (13/6/2015) mendatang. Acara tersebut sedianya digelar untuk menandai dua tahun debut grup bernama komplit Bangtan Boys itu.

Advertisement

“Kesehatan dan keselamatan penggemar menjadi prioritas tertinggi sehingga kami membuat keputusan ini [pembatalan fan meeting],” jelas perwakilan managemen Big Hit, seperti dikutip dari Kpopstarz, Rabu (10/6/2015).

BTS bukanlah satu-satunya grup yang memutuskan membatalkan acaranya lantaran khawatir pada penyebaran virus MERS. Pekan lalu, acara Black Music Stage yang dijadwalkan menampilkan Mad Clown, Lobo, DonMills, ELO, Gray, dan Junggigo juga dibatalkan dengan pertimbangan kesehatan.

Sedangkan acara Show Music Core yang disiarkan stasiun televisi MBC, memilih tetap melanjutkan acaranya dengan syarat penonton yang hadir wajib mengenakan masker. Sementara itu, acara M! Countdown yang disiarkan Mnet, menunda acara untuk menghindari risiko kesehatan.

Advertisement

Rilis resmi dari M! Countdown mengumumkan edisi khusus Summer Special yang rencananya digelar di Olympic Indoor Gymnasium, Seoul, Korea Selatan, Kamis (18/6/2015), ditunda penyelenggaraannya hingga Kamis (23/7) mendatang. “Penundaan untuk mencegah penularan penyakit MERS lebih lanjut,” tulisnya seperti dikutip dari Koreaboo, Rabu.

Lebih lanjut penyelenggara M! Countdown juga mensyaratkan penonton yang akan menyaksikan acara Summer Special untuk mau menggunakan hand sanitizers (pembersih tangan antikuman), termometer, dan peralatan lain pencegah penularan virus MERS.

Sederet aturan yang dibuat M! Countdown mengikuti program acara sejenis lain. Acara televisi Music Core sebelumnya juga membuat peraturan agar artis, staf produksi, dan penonton, mengenakan masker selama produksi acara televisinya.

Di panggung film K-Pop, kecemasan merebaknya wabah MERS mengakibatkan peluncuran film Northern Limit Line dan Intimate Enemies ditunda beberapa waktu. Sementara konferensi pers film Assassination yang melibatkan Jeon Ji Hyun, ikut dibatalkan melihat kondisi saat ini.

Advertisement
Kata Kunci : K-Pop Virus MERS Wabah Mers
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif