Lifestyle
Kamis, 11 Juni 2015 - 02:50 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Garam Bikin Bunuh Keinginan Merokok

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghentikan kebiasaan merokok (Healthmeup.com)

Info hidup sehat berhenti merokok bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Solopos.com, SOLO –Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, tapi juga bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan. Setiap perokok memiliki cara masing-masing untuk menghentikan kebiasan merokok itu.

Advertisement

Setidaknya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Dikutip Solopos.com dari laman Healthmeup, Selasa (2/6/2015), berikut adalah tips untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Bulatkan Tekad

Advertisement

Bulatkan Tekad

Bagian tersulit dari usaha berhenti merokok adalah komitmen untuk benar-benar berhenti. Akan tetapi, jika Anda bersunggh-sungguh, maka bulatkanlah tekad. Berjanjilah pada diri Anda untuk tidak merokok lagi.

Jika perlu, utarakan keinginan Anda untuk berhenti merokok ini kepada keluarga maupun  sahabat. Usaha yang Anda lakukan untuk berhenti merokok itu terkadang terasa sulit. Oleh sebab itulah dukungan dari kerabat terdekat sangat dibutuhkan. Merekalah yang nantinya akan mengingatkan ketika Anda merasa tidak mampu melanjutkan usaha tersebut.

Advertisement

Rasanya mustahil bisa berhenti merokok secara total jika Anda seorang perokok berat. Akan tetapi jangan risau, Anda tetap bisa menjalankan tekad tersebut. Caranya, kurangi konsumsi rokok secara bertahap.

Jika biasanya Anda menghabiskan dua bungkus rokok dalam sehari, maka cobalah untuk mengurangi setengahnya. Lakukan usaha tersebut secara bertahap sampai Anda merasa yakin tidak membutuhkan rokok lagi.

Minum Air Putih

Advertisement

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak membantu Anda untuk berhenti merokok. Pasalnya, air putih dipercaya mampu menyegarkan mulut yang mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Selain itu, air putih juga mampu membuang racun yang dibawa si rokok dalam tubuh.

Mengunyah Biji Adas

Ketika hasrat merokok Anda muncul, cobalah mengunyah biji adas. Mengunyah adas mampu menghilangkan keinginan Anda merokok. Mengunyah adas juga dapat menyegarkan nafas dan menjaga kesegaran mulut. Biji adas pun dapat membantu proses detoksifikasi tubuh.

Advertisement

Menjilat Garam

Setiap kali Anda merasa ingin merokok, maka cobalah untuk memakan makanan yang asin atau jilatlah sedikit garam. Rasa asin tersebut dipercaya mampu membunuh keinginan seseorang untuk merokok.

Permen

Beberapa orang yang sedang berusaha berhenti merokok biasanya akan memilih permen sebagai gantinya. Setiap kali merasa ingin merokok, mereka biasanya akan mengemut permen.

Permen, terlebih yang memiliki rasa mint mampu memberikan kesegaran di mulut. Selain itu permen mint juga mampu menekan keinginan seseorang untuk merokok.

Akan tetapi, sebaiknya jangan terlalu sering mengemut permen. Pasalnya, permen memiliki kandungan gula yang tinggi. Oleh sebab itu, mengemut permen terlalu banyak dapat merusak kesehatan gigi. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif